BEASISWA-Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri  menyerahkan beasiswa kepada perwakilan mahasiswa dalam acara yang dilaksanakan di GSG PT Semen Padang, Selasa (26/10/2021). Pada acara itu PT Semen Padang menyalurkan beasiswa kepada 738 pelajar, mahasiswa, dan atlet berprestasi. (foto:hms.ptsp)

Padang, Lintas Media News

PT Semen Padang bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang, menyalurkan bantuan beasiswa berprestasi sebesar Rp467.850 ribu kepada 738 pelajar, mahasiswa, dan atlet berprestasi, Selasa (26/10/2021). 

Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang penyerahan beasiswa dihadiri Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri, Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan Oktoweri, Kepala Unit CSR Rinold Thamrin, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan Nur Anita Rahmawati , Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif, Ketua KAN Lubuk Kilangan Basri Datuk Rajo Usali, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Padang Syafrizal Said.

Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri dalam sambutannya berharap agar pelajar dan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa berprestasi ini dapat terus giat, semangat untuk belajar dan jangan menyerah, serta asah kemampuan dan teruslah berprestasi. 

"Kepada penerima beasiswa, manfaatkanlah  dana beasiswa berprestasi ini sebaik mungkin untuk kebutuhan pendidikan. Tetap semangat, dan teruslah rajin belajar supaya terus berprestasi," kata Yosviandri. 

Ia mengatakan, penyaluran beasiswa untuk pelajar SD hingga Perguruan Tinggi itu, merupakan tanggung jawab sosial perusahaan dan juga wujud dari komitmen PT Semen Padang untuk meningkatkan pendidikan yang terus berkesinambungan. 

"Dalam penyaluran beasiswa ini, PT Semen Padang juga bersinergi dengan UPZ Baznas Semen Padang, karena beasiswa berprestasi ini juga diserahkan kepada pelajar dan mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu," ujarnya.

Kepala Unit CSR Semen Padang Rinold Thamrin mengatakan, beasiswa berprestasi ini tidak hanya diserahkan kepada pelajar berprestasi dan kurang mampu, tapi juga kepada atlet binaan Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang Group (FKKSPG) yang berprestasi.

"Ada 738 orang yang diberikan beasiswa. Rinciannya, 664 pelajar dan mahasiswa di Kota Padang, 24 orang atlet berprestasi binaan FKKSPG dan 50 orang pelajar dan mahasiswa di Packing Plant PT Semen Padang di Dumai, Riau," katanya. 

Di Kota Padang, kata Rinold melanjutkan, sumber dana beasiswa berprestasi ini terbagi dua, yaitu PT Semen Padang dan dari UPZ Baznas Semen Padang. Dari PT Semen Padang, beasiswa tersebut disalurkan kepada 537 pelajar dan mahasiswa. Kemudian dari UPZ, disalurkan kepada 127 pelajar dan mahasiswa.

"Besaran beasiswa yang diterima oleh masing-masing pelajar dan mahasiswa ini pun berbeda-beda, tergantung tingkat sekolahnya. Untuk SD, masing-masing mendapatkan Rp400 ribu, SMP Rp500 ribu, SMA Rp750 ribu dan perguruan tinggi sebesar Rp1 juta," ujarnya. 

Ketua KAN Lubuk Kilangan Basri Dt Rajo Usali mengapresiasi PT Semen Padang yang terus konsisten menyalurkan beasiswa berprestasi, meskipun di tengah pandemi saat ini. Karena menurutnya, beasiswa pendidikan ini selain memotivasi penerima untuk giat belajar, dan tentunya beasiswa ini juga dapat meringankan orangtua atau wali murid penerima beasiswa. 

"Meski pandemi, PT Semen Padang tetap menunjukkan kepeduliannya terhadap pendidikan. Saya sebagai Ketua KAN, salut dan bangga terhadap PT Semen Padang. Kepada para penerima beasiswa dan orangtua atau wali murid, mari dukung kita doakan agar PT Semen Padang ke depan semakin baik dan semakin berkembang, karena manfaat PT Semen Padang ini untuk kita bersama," katanya. 

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Padang Syafrizal Said. Kata dia, tujuan PT Semen Padang menyalurkan beasiswa berprestasi ini sangat jelas, yaitu untuk memotivasi para pelajar dan mahasiswa agar terus berprestasi.

Untuk itu, ia berharap agar penerima beasiswa untuk terus konsentrasi dan fokus belajar, karena konsentrasi belajar dan fokus akan memberikan kehidupan yang lebih baik. "

Saat ini, boleh kita dianggap orang kurang mampu, tapi nanti kita akan keluar dari zona kurang mampu jika kita konsentrasi dan fokus belajar," katanya. 

Gatri Handayana (22), salah seorang mahasiswi UNP yang menerima beasiswa berprestasi dari PT Semen Padang mengaku senang dan bersyukur atas beasiswa tersebut, karena dana beasiswa ini selain untuk dapat memotivasi diri, juga bermanfaat untuk membiayai kebutuhan kuliahnya.

"Alhamdulillah, saya bisa mempertahankan beasiswa dari PT Semen Padang, karena beasiswa ini rutin saya dapatkan 2 kali setahun sejak saya masih kelas IV SD. Dan tentunya, beasiswa dari PT Semen Padang ini bisa saya pertahankan, karena berkat beasiswa inilah saya terpacu untuk berprestasi. Bahkan sejak SD sampai SMP, saya selalu masuk 10 besar di kelas dan waktu SMA, masuk 5 besar," katanya.

Aulia Maulina, salah seorang pelajar kelas VIII SMP Negeri 14 Padang, mengaku baru pertama kali mendapatkan beasiswa dari PT Semen Padang. Dan tentunya, beasiswa ini sangat bermanfaat bagi dirinya, karena dapat meringankan beban orangtua dalam memenuhi kebutuhan sekolahnya. 

"Ayah saya kerja kuli bangunan dan ibu tidak bekerja, hanya mengurus rumah tangga. Meski ini baru pertama kali saya raih, tentunya ke depan saya akan belajar lebih giat lagi, supaya beasiswa dari PT Semen Padang ini dapat saya pertahankan," katanya. (*/b/hms)

 
Top