Pdg. Pariaman, Lintas Media News

Seiring dengan kemajuan zaman teknologi yang canggih dan serba modren sangat berdampak pada kehidupan generasi muda sekarang.  Bagai mana kita mensiasati agar adanya kreatifitas para anak muda yang di landasi oleh akhlak dan keimanan yang mengandung nilai unsur budaya, agar mereka kembali mengenal unsur dan nilai budaya yang ada di Ranah Minang.

Untuk mengembalikan nilai dan unsur budaya di tengah era globalisa Media sosial yang mengalahkan segala bentuk menjadi sesimpel mungkin, Pemerintah Padang Pariaman melalui program Pemilihan Duta Budaya guna memilih Rang Mudo dan Puti Bungsu, yang di laksanakan oleh Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Padang Pariaman.

Bagian Seni dan Budaya di Dinas Pendidikan menggelar iven ini sejak tanggal 20 Juli 2021 dan finish pada 2 Agustus 2021, usia peserta terbatas, bagi muda mudi yang berusia 15- 25 tahun yang ingin mengikuti angenda, segera mendaftarkan diri dengan persyaratan yang telah dilampirkan di formulir yang tersedia.

Bagi peserta yang telah lulus administrasi, panitia mengundang 37 orang untuk mengikuti babak penyisihan pada tanggal 26 juni yang berlansung di Aula Disdikbud di Paritmalintang.    Pada kesempatan tersebut Tim penilai menetapkan 20 finalis terpilih, di antaranya 10 orang pria dan 10 orang putri.

Sebagai lanjutannya panitia kembali mengundang para finalis untuk mengikuti pembekalan yang berlangsung selama dua hari, dan menginap di hotel Fafari- In di Pariaman. Tokoh-Tokoh yang berkompeten di undang, mereka memberikan pembekalan pada finalis, para tokoh tersebut di datangkan ke hotel tersebut, tutur panitia penyelenggara Ade Novalia MPd kepada media ini, Alhamdulillah rangkaian kegiatan berlangsung sukses hingga acara puncak nanti tanggal 2 Agustus 2021 yang bertempat di aula kantor Bupati nantinya.


Bupati
Padang Pariaman Suhatri Bur SE, MM bembuka secara langsung acara tersebut, dengan mengikuti prokes dan jumlah yang terbatas mengunjungi aula,  dalam sambutannya Bupati berharap Duta budaya ini dapat menjadi pelopor, motivator dan inisiator dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari, dapat menerapkan pola-pola yang di ajarkan para tokoh-tokoh dan dan leluhur adat.

Memahami dari paparan yang di sampaikn oleh para tokoh adat, hendaknya jangan sampai pula Duta Budaya yang terpilih tak mengerti dengan kato nan ampek, sarato ereang jo gendeang, memahami rukun 20 atau rukun 13 di kampuang, Duta Budaya menjadi pionir dan figur-figur yang memberi contoh di tengah masyarakat dan mampu memahai nilai  kaidah sumbang 12, diantaranya, sumbang  bapakaian, sumbang kato, sumbang duduak, sumbang tagak, dan seterusnya, sangat perlu di terap masing-masing kita, dan akan terbawa nanti ketengah masyarakat  ( ini disampaikan dalam bahasa minang) ungkapnya.

Rang Mudo dan Puti Bungsu harus bisa menerpkan akan kato mandaki, kato manurun, kato mandata sarato kato maleng itu harus di pami, dan di harapka bisa menjadi corong untuk mengembalikan kejayaan adat dan budaya minang kabau ini. Kepada juri agar bisa memberikan penilaian secaraadil tampa memandang adanya hubungan dan kekerabatan, dan propesional dalam memberikan nilai pintannya.

Dalam kagenda tersebut di hadiri oleh PLt Kepala Dinas Pendidikan Anwar, Suhatman ,Msi (Kabidbudaya Disdikbud), Yusrita SPd (Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, dan Abdul gani Arif Dt Rangkayo Mudo bertindak sekaligus sebagai  juri pada waktu itu

Di grenfinal, 20 peserta di persilakan memperkenalkan identitas diri, dilanjutkan dengan mempesentasikan situs-situs budaya dan menyebutkan objek wisata di daerah masing-masing, dan di lanjutkan mengambil satu loting nomor yang berisikan pertanyaan yang di bacakan oleh pembawa acara, dan lansung di jawab dalam rentan waktu lima menit, babak peyisihan mensisakan kearah lima besar.

Hasil penilaian juri menyimpulkan para pemenang, dengan hadiah berupa tropy,piagam dan uang, Rp 1.500,000- (juara pertama),Rp 1.000.000- (juara ke dua) dan Rp 750,000- (juara).Wahyu Septio dengan nilai 925 di nobatkan sebagai Rang Mudo dan Nadila Rahma Yanti dengan Nilai 919 sebagai Puti Bungsu masa bakti 2021-2022. (len)

           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                   

 
Top