Payakumbuh LINTAS MEDIA NEWS.COM - Dalam rangka pemulihan ekonomi (Recovery Economy) masyarakat Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Ketahan Pangan Kota Payakumbuh melaksanakan pasar murah bahan pangan bersubsidi 50 persen kepada masyarakat berpendapatan rendah di Kota Payakumbuh.

Kegiatan yang dilauncing di Kelurahan Bulakan Balai Kandi Kecamatan Payakumbuh Barat tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi, Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Staf Ahli Elvi Jaya, Kadis Pangan Provinsi Sumbar Efendi, Kadis Ketahanan Pangan Edvidel Arda beserta jajaran, camat Payakumbuh Barat Ul Fakhri, Lurah Bulakan Balai Kandi dan undangan lainnya.

Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi mengatakan program pangan murah ini dilakukan untuk membangkitkan kembali daya beli masyarakat terhadap kebutuhan pokok. Dimana saat Pandemi Covid-19 ini perekonomian masyarakat mengalami penurunan.

"Ini untuk menggairahkan kembali daya beli masyarakat. Di pasar murah ini harganya di berikan subsidi sebesar 50 persen," kata ketua DPRD Sumbar Supardi kepada media, Jumat (06/08).

Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Staf Ahli Elvi Jaya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Propinsi Sumatera Barat melalui  Dinas Pangan Sumbar yang telah menyelenggarakan pasar murah untuk masyarakat ekonomi lemah di Kota Payakumbuh.

"Terimakasih kami ucapkan, program seperti ini sangat membantu masyarakat kita untuk memenuhi kebutuhannya, apalagi ditengah Pandemi ini. Mudah-mudahan daya beli masyarakat kembali menggeliat di Payakumbuh," ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumbar Efendi menyebut, untuk Kota Payakumbuh akan disalurkan 6.112 paket yang akan disebar di seluruh Kelurahan. 

"Untuk paketnya berisi beras 5 kg, minyak goreng 4 liter, telur 1 tray (30 butir) dan gula pasir 4 kg. Masyarakat cukup membayar setengah harganya," ungkapnya.

Lebih lanjut Kadis Ketahan Pangan Kota Payakumbuh Edvidel Arda didampingi Kabid Ketersediaan dan Cadangan Pangan Gesmalindra mengatakan sebelumnya pihak kelurahan  bersama pengurus LPM telah melakukan pendataan kepada masyarakat yang berhak untuk menerima pangan bersubsidi tersebut.

"Paket ini untuk masyarakat berpendapatan rendah , dimana untuk setiap kelurahan jumlahnya disesuaikan dengan jumlah penduduknya, dan jelas setiap kelurahan akan mendapatkan kegiatan ini, ucapnya.

"Untuk menghindari kerumunan kita telah menyampaikan kepada masing masing kepala kelurahan untuk membagikan kupon dan membaginya pershif dengan  tetap memperhatikan protokol kesehatan," tukuknya.

Untuk tahap awal dikatakan Kadis Edvidel dilaksanakan di Kecamatan Payakumbuh Barat dan Payakumbuh Selatan yang dilaksanakan mulai tanggal 6 - 13 Agustus kecuali tanggal 9 dan 10 Agustus yang lokasi pendistribusiannya di Kantor Kelurahan.

"Untuk Kecamatan Payakumbuh Utara, Payakumbuh Timur dan Lamposi Tigo Nagori akan dilaksanakan setelah dua kecamatan ini selesai," pungkasnya. (H/Muchlis)
 
Top