Payakumbuh, Lintas Media News

Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen jagung, Wali Kota Riza Falepi melakukan pencanangan pupuk organik NPK Taniku di lahan tanaman jagung Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diateh, Kecamatan Payakumbuh Utara, Rabu (21/7).

Pencanangan itu, Riza Falepi dampingi Kadis Pertanian Depi Sastra, Sekdis Kominfo Dasril Kabid TPA Dinas Pertanian Rozi beserta stafnya 

Wali Kota Riza Falepi memaparkan pupuk organik NPK Taniku ini adalah pupuk asal Negara Jepang yang distributornya berada di Kota Padang. Pupuk organik ini, meskipun masih tahap uji coba, namun penggunaannya sudah dimanfaatkan di beberapa tempat seperti di Sawah Padang dan Bukit Sitabur di lahan yang dikelola oleh UPTD.

"Dengan dilakukan pencanangan pupuk organik ini, semoga nantinya dapat dirasakan oleh masyarakat. Setelah kita distribusikan kepada masyarakat khususnya petani jagung, semoga nantinya petani kita dapat merasakan peningkatan hasil panen jagungnya dan juga kita harapkan tentunya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah Pandemi Covid--19 ini," kata Riza.

Wali kota dua periode itu juga menyempatkan untuk melakukan gotong royong dan penanaman pohon di sekitar lokasi pencanangan. Riza Falepi menyebut , lingkungan yang sehat adalah ,"lingkungan yang selalu terawat".

"Kita selalu memberi contoh baik bagi masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dan merawat lingkungan sekitar," kata Riza.

Sementara itu, Kadis Pertanian Depi Sastra menjelaskan untuk pengaplikasian pupuk organik ini pada jagung cukup dua kali dalam masa tanam hingga panen, satu kali masa tanam hingga panen jagung membutuhkan waktu sekitar 3,5 bulan.

"Pupuk diberikan setelah usia jagung masuk satu bulan, kemudian setelah itu usia 2 bulan lebih kembali diberikan, itu sudah cukup," pungkasnya. (H/Mukhlis)
 
Top