Payakumbuh, Lintas Media News

Pemerintah Kota Payakumbuh men Distribusikan Daging Qurban yang telah diolah menjadi Randang jadi dalam kemasan melalui gerakan Aparatur Sipil Negara (ASN) berQurban 2021.

Penyerahan 244 pcs Randang ukuran 250 gram tersebut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Erwin Yunaz selaku Ketua Panitia Gerakan ASN Payakumbuh BerQurban bersama pantia dan peserta seperti Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Perindustrian Yunida Fatwa, Kepala Dinas Parisiwata Pemuda dan Olahraga Desmon Corina, serta Kabag Kesra Ul Fakhri, serta Kabag, Camat, Kasubag, dan Lurah di Aula Disnakerin, Senin (26/7).

Kabag Kesra Ul Fakhri memaparkan jumlah peserta ASN ber Qurban tahun ini sebanyak 28 orang dengan jumlah sapi empat ekor jenis PO jantan. Penyembelihan dilakukan pada hari Tasyrik pertama diutamanya Petugas Kebersihan Kelurahan, tenaga keamanan di Balai Kota dan pos-pos rumah Dinas, Cleaning Service, dan petugas pengolahan di RPH.

"Dagingnya seluruhnya terbagi habis sampai sore, selanjutnya pen golahan di Rumah Potong Hewan ,( RPH l pada hari ,H, diambil daging padatnya diolah jadi Randang sebanyak 110 kg, karena kadar airnya berkurang, saat ditimbang lagi di Sentra IKM beratnya menjadi 105  kg," kata Ul Fakhri.

Ul Fakhri juga memaparkan Daging Qurban itu diolah menjadi Randang sebanyak 244 pcs dengan berat 250 gram per pcs, dan masing-masing peserta menerma 5 pcs, artinya 140 pcs.

"Sisanya, Daging Qurban yang sudah jadi ini dititipkan ke Dinas Sosial untuk didistribusikan kepada masyarakat miskin dan warga terdampak bencana," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Erwin Yunaz menyampaikan kepedulian Aparat Sipil Negara (ASN ) dalam berkurban adalah energi yang besar untuk berkegiatan sosial keagamaan. Dijelaskannya bila saja seluruh ," ASN ,' di Payakumbuh berbuat seperti ini, maka bisa dibayangkan berapa banyak hasilnya, pasti lebih banyak Randang yang bisa dikelola dan ditampung untuk kegiatan sosial.

"Sebaiknya ini menjadi gerakan besar, wujud ketaatan dan keyakinan diri bahwa yang dikorbankan adalah dari kita untuk kita. Qurban untuk sosial umat, dari pemerintah kepada masyarakat. Kedepan kita ingin bagaimana ada tabungan Qurban agar kita bisa melaksanakan kegiatan ini dengan lebih besar. Kita tidak mengistimewakan tiap orang yang ikut, namun secara pribadi terpanggil untuk berkontribusi lebih demi kemaslahatan bersama," ungkapnya. (H/Muchlis)

 
Top