Padang, Lintas Media News

Menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS.7-UM.01.01-242 tentang Monitoring Penanganan Covid-19 di UPT Pemasyarakatan serta atensi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat R.Andika Dwi Prasetya terkait Pelaksanaan serbuan vaksin bagi masyarakat diseluruh UPT Pemasyarakatan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang hari ini (Rabu, 21/7/2021) lagi-lagi membuka kembali vaksinasi massal bagi masyarakat yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Padang. 

Berbeda dari sebelumnya, serbuan vaksin bagi masyarakat kali ini hanya dipusatkan pada satu tempat saja yakni di hall kunjungan yang berada didalam gedung Lapas Kelas IIA Padang dan giat ini dibuka bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat Kota Padang yang belum memperoleh vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi ini tentunya tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat yakni wajib memakai masker dan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki pintu masuk. 

Kakanwil Kemenkumham Sumbar R.Andika Dwi Prasetya yang meskipun tengah menjalani masa Work From Home (WFH) menyempatkan diri untuk meninjau langsung pelaksanaan serbuan vaksin Kanwil Kemenkumham Sumbar yang diselenggarakan oleh Lapas Kelas IIA Padang ini. Kakanwil menyatakan bahwa Lapas Kelas IIA Padang siap mensukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk Provinsi Sumatera Barat khususnya Kota Padang. 

Kalapas Padang, Era Wiharto yang juga hadir langsung mengawasi pelaksanaan vaksinasi menyampaikan bahwa jajaran petugas Lapas Kelas IIA Padang sungguh luar biasa. Kegiatan tidak akan sukses terlaksana tanpa kerjasama yang baik dari seluruh jajaran. Seluruh tim bergerak cepat dan sigap dalam mempersiapkan segala keperluan dan persiapan dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. 

"Terima Kasih kepada bapak Kakanwil R.Andika yang telah menyempatkan untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi di Lapas Kelas IIA Padang dan juga bagi seluruh petugas yang telah bekerja keras. Semoga dengan kegiatan serbuan vaksin bagi masyarakat ini, bisa membantu masyarakat khususnya di Kota Padang yang belum divaksin dapat memperoleh vaksin disini," ungkap Kalapas Era Wiharto. 

Berdasarkan data yang diperoleh dari tim medis yang merupakan gabungan antara petugas kesehatan Lapas Kelas IIA Padang yang dipimpin oleh dr. Rahmadini, petugas kesehatan Puskesmas Padang Pasir dan petugas kesehatan Puskesmas Seberang Padang, dari 129 orang yang dilakukan screening kesehatan 126 orang diantaranya telah diberi vaksin dan 3 orang sisanya ditunda karena alasan kesehatan. 

"Hari ini terdapat 129 orang yang sudah mendaftar dan dilakukan screning kesehatan, tapi terdapat 3 orang dari mereka yang ditunda dulu vaksinasinya karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan dan beresiko jika diberi vaksin saat ini," ujar dokter yang biasa disapa dr. Ira ini. 

Usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Hall Kunjungan, Kakanwil R.Andika beserta rombongan bergerak menuju pintu portir dan meninggalkan Lapas Kelas IIA Padang. Serbuan vaksin Kanwil Kemenkumham Sumbar di Lapas Kelas IIA Padang berlangsung aman dan kondusif dari mulai dibuka hingga selesai. (b/hms)

 
Top