Padang, Lintas Media News

Panitia gelar rapat checking terakhir acara puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-25 tingkat Sumatera Barat. Rapat yang dilaksanakan di Aula Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat membahas segala bentuk persiapan yang telah dilakukan guna menggebyarkan hari Lansia Bahagia Bersama Keluarga.

“Hari ini kita membahas segala persiapan terkait persiapan acara puncak pada tanggal 3 Juli. Tadi Pak Wakil Ketua LLI sudah mencek kesiapan masing-masing seksi. Secara umum kita telah siap, tinggal beberapa lagi yang harus dipersiapkan untuk acara tersebut,” ujar Ketua Panitia HLUN ke-25 tingkat Provinsi Sumbar, Dr. H. Ali Asmar, M.Pd di Aula Dinas Sosial Sumbar, Rabu 30 Juni 2021.

Ali Asmar menegaskan HLUN ini perdana dilaksanakan di Sumbar. Karena itu, jangan sampai kegiatan perdana ini tidak berhasil. Selain itu, kita juga harus memperlihatkan penggiat-penggiat di Sumatera Barat termasuk yang giat melaksanakan kegiatan bagi para lansia. 

“Secara semangatnya, kita ingin membahagiakan para lansia kita. Alhamdulillah kegiatan kita ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak,” ujarnya.

Menurut Ali Asmar Panitia yang dimotori oleh Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Provinsi Sumatera Barat ini mendapat dukungan penuh dari Gubernur Sumbar beserta jajaran dan OPD terkait seperti Dinas Kesehatan Sumbar, Dinas Sosial Sumbar. Juga dari Walikota Padang beserta jajaran dan OPD terkait seperti Dinas Kesehatan Kota Padang dan Dinas Sosial Kota Padang. Bulog Sumbar pun tak mau ketinggalan dengan Baiturrahmah, IMA Chapter Sumbar dan lainnya. 

Ali Asmar mengharapkan bagaimana acara puncak ini sukses. Selanjutnya apa yang dilakukan setelah acara puncak ini untuk para lansia. Misalnya kita melanjutkan vaksinasi lansia sehingga persentase yang sudah divaksin meningkat signifikan setelah HLUN.


Bertabur Kegiatan

Panitia berupaya membuat gebyar acara itu agar bermakna bagi para lansia. Di hari itu, para lansia yang umumnya menjadi pengisi acara. Lansia dari PSTW Sicincin bakal menyanyikan mars lansia, menari piring, dan menyanyi Solo. 

“Alhamdulillah masing-masing seksi sudah melaporkan persiapan yang dilakukannya demi kesuksesan acara puncak. Sejumlah kegiatan telah dilakukan untuk memeriahkannya,” ujar Wakil Ketua Panita HLUN ke-25 Tingkat Sumbar, Drs. H. Parlagutan Nasution, MM.

Diantara kegiatan yang sudah dilakukan adalah Tes Kebugaran bagi Panitia yang dilaksanakan di BKOM dan Pelkes Sumbar, Dialog Interaktif di RRI Pro1 FM, webinar kesehatan. Dijelaskannya kegiatan tes kebugaran pada Selasa 22 Juni 2021 didukung penuh oleh  UPTD BKOM dan Pelkes Sumbar. 

Untuk dialog interaktif di RRI pada Selasa 29 Juni 2021 dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Sumbar bekerjasama dengan IDI Sumbar. Begitu juga dengan webinar kesehatan yang dilaksanaknarasumber an secara daring pada Rabu 30 Juni 2021. Di RRI Pro 1 menghadirkan nasarumber Dr. dr. Arina Dwi Murni, SpPD-K.Psi, FINASIM membahas Tantangan Kesehatan Lansia di Masa Pandemi Covid-19.Sedangkan untuk kegiatan webinar menghadirkan Dr. dr. Arina Dwi Murni, SpPD-K.Psi, FINASIM, dr. Roza Mulyana, SpPD-K-Ger, dr. Fandi, SPPD. Turut hadir memberikan sambutan dalam webinar tersebut Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Arry Yuswardi, MKes, dan Ketua LLI Sumbar, Dr. H. Ali. Asmar, M.Pd.

Adapun untuk acara puncak, kata Parlagutan, dilaksanakan vaksinasi lansia, lalu acara seremonial peringatan yang dipusatkan di Auditorium Universitas Baiturrahmah, pemberian bantuan beras dari Bulog kepada 150 lansia, pembagian goodie bag dari IMA Chapter Padang, penyuluhan kesehatan. Juga direncanakan pemberian penghargaan kepada lansia yang berprestasi, juga ada penyerahan bantuan usaha ekonomi produktif kepada lansia di 11 kecamatan. (Rel)

 
Top