Semen Padang meraih penghargaaam CSR Brand Equity dari The Iconomics, Rabu (5/5/2021). Gambar di atas kegiatan awarding yang dilaksanakan secara virtual. (foto:hms.ptsp)


Padang, Lintas Media News

PT Semen Padang meraih penghargaan Indonesia CSR Brand Equity - Gold Award 2021 dari The Iconomics untuk kategori perusahaan semen. 

Penghargaan itu diumumkan secara virtual  dan diserahkan Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro kepada Dirut PT Semen Padang Yosviandri yang diwakili  Kepala Departemen Komunikasi  & Hukum Perusahaan Oktoweri, pada Awarding Iconomics CSR Brand Equity Award 2021, Rabu (5/5/2021). 

Kepala Departemen Komunikasi  & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri mengaku bersyukur atas penghargaan The Iconomics.  “Alhamdulillah,  ini prestasi yang membanggakan di bidang CSR yang diraih PT Semen Padang.  Penghargaan Brand Equity dari The Iconomics ini merupakan yang kedua kali, sejak tahun 2020,” kata Oktoweri yang didampingi Kepala Unit Humas & Kesekretariatan,  Nur Anita Rahmawati dan Kepala Unit CSR, Rinold Thamrin.

Penghargaan ini, kata Oktoweri, membuktikan bahwa pelaksanaan program CSR yang dilakukan PT Semen Padang sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Kepala Unit CSR Semen Padang Rinold Thamrin mengatakan,  penghargaan CSR Brand Equity - Gold Award dari The Iconomics itu,  menjadi tolak ukur bagi PT Semen Padang tentang sejauh mana peran CSR dalam menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan. 

"Alhamdullillah, melalui penghargaan yang kita terima ini, kita menjadi tahu posisi CSR kita sejauh mana. Karena, PT Semen Padang dalam operasional perusahaan, tidak hanya mengedepankan profit, tapi juga memperhatikan planet dan people, seuai dengan konsep triple bottom line," katanya. 

Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro menjelaskan, penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan dengan citra tanggung jawab sosial terbaik di kategori masing-masing. 

“Perusahaan-perusahaan yang menerima apresiasi ini melalui kajian CSR Brand Equity dengan melalui survei online pada 10 kota besar di Indonesia secara random kepada lebih dari 10 ribu responden,” terangnya.

Dalam kajian tersebut ada 2 hal utama yang menjadi fokus kajian, yakni CSR-Activity Awareness dan CSR Image. CSR-Activity Awareness melihat sejauh mana publik merasa mengetahui atau pernah melihat/mendengar tentang kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan. 

 Bram S. Putro berharap keberlangsungan CSR Brand Equity Award ini dapat menjadi acuan efektivitas komunikasi corporate berlandaskan aktivitas CSR yang dilakukan, sehingga dapat mengoptimalkan peran CSR, meluas dari social contribution ke commercial

 

Selain mengumumkan penerima Awarding Iconomics CSR Brand Equity Award, Iconomics juga menggelar webinar dengan tema "CSR Activity Awareness dan Image" dengan menghadirkan sejumlah tokoh nasional sebagai Keynote Speech. 

Tokoh nasional itu adalah Menteri Lingkungan Hidup dan  Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, serta Menteri Sosial Tri Rismaharini. Kemudian sebagai Welcoming Speech, hadir Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. 

Pada 22 April 2021 lalu,   PT Semen Padang juga meraih penghargaan Corporate Branding PR Awards 2021 dari The Iconomics . Penghargaan itu diberikan kepada sebanyak 117 institusi baik perusahaan maupun kementerian yang dinilai terbaik dalam membangun citra.

Awards ini dilakukan melalui proses riset dengan mengukur fondasi reputasi organisasi yaitu Commercial, Organizational, dan Social. Dari masing-masing fondasi tersebut dibedah lebih dalam menjadi 9 aspek.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati menyatakan suka citanya atas penghargaan tersebut, karena membuktikan bahwa PT Semen Padang dinilai sebagai salah satu perusahaan terbaik di Indonesia dalam membangun citra.  “Penghargaan ini memberi semangat bagi kami dalam mengelola Public Relation (PR) agar semakin baik ke depannya,” kata Anita.

Nur Anita menjelaskan, pandemi tidak menjadi halangan bagi jajaran PR PT Semen Padang untuk kreatif dan inovatif dalam membangun citra perusahaan melalui corporate branding.Di masa pandemi ini, jajaran PR Semen Padang terus bergerak meningkatkan citra perusahaan, dengan menyasar audiens melalui strategi pemilihan media yang lebih kreatif. (*/b/hms)

 
Top