Aa Gym ketika menyampaikan tausiah pada Tabligh Akbar dalam rangka HUT ke-111 PT Semen Padang, Kamis, 18 Maret 2021. (foto:hms.ptsp)


Padang, Lintas Media News

Bertepatan dengan perayaan HUT ke-111,  PT Semen Padang menggelar Tabligh Akbar bersama  KH.Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym, melalui aplikasi zoom, Kamis (18/3/2021). 

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian peringatan HUT PT Semen Padang ke-111 itu juga dirangkai dengan Penyerahan Kesetiaan Kerja kepada karyawan perusahaan itu.

Tabligh Akbar dengan tema "Kekuatan dan Kebersamaan" itu diikuti insan Semen Padang Group dan dihadiri secara daring oleh  Dewan Komisaris dan Direksi PT Semen Padang. 

Hadir Komisaris Utama Mohammad Agus Samsudin,  Komisaris, Werry Darta Taifur,  dan Komisaris, Khairul Jasmi. Kemudian hadir Direktur Utama  Yosviandri, Direktur Keuangan, Tubagus Muhammad Dharury dan Direktur Operasi, Asri Mukhtar. 

Komisaris Utama PT Semen Padang Mohammad Agus Samsudin dalam sambutan mengapresiasi manajemen PT Semen Padang yang menggelar Tabligh Akbar pada perayaan HUT ke-111 PT Semen Padang. Ia berharap, melalui Tabligh Akbar ini, perusahaan maupun insan perusahaan, dapat menjadi lebih baik ke depannya. 

Ia  juga mengucapkan selamat kepada seluruh insan PT Semen Padang yang telah berhasil melalui banyak tantangan, hingga kini PT Semen Padang sebagai perusahaan kebanggaan masyarakat Sumbar dan Indonesia, telah genap berusia 111 tahun. 

"Usia 111 tahun tidak lah muda. Banyak tantangan yang telah dilalui perusahaan ini. Kemudian di masa pandemi sekarang ini, saya juga mengapresiasi Semen Padang, karena banyak menorehkan prestasi. Namun yang penting di masa pandemi ini, kita harus optimis bahwa masa depan akan lebih baik," katanya. 

Tahun 2020, lanjutnya, sudah dilalui bersama,  PT Semen Padang berhasil memberikan banyak prestasi. Kondisi keuangan dan operasional perusahaan di tahun 2020 juga sangat baik. Untuk itu,  ia berharap agar manajemen perusahaan mampu mempertahankan dalam menghadapi persaingan di tahun 2021. 

Kemudian kepada insan perusahaan, Mohammad Agus Samsudin juga berpesan untuk terus menjaga kesehatan, karena kemungkinan pandemi bisa berlangsung 1-2 tahun. "Aset utama kita itu manusia. Untuk itu, jagalah sebaik-baiknya kesehatan kita, supaya kita dapat mengarungi lautan persoalan ini. Insya Allah, tahun 2021 ini kita berprestasi lagi," ujarnya. 

Dirut PT Semen Padang Yosviandri menyampaikan sambutan
pada acara HUT ke-111 PT Semen Padang, 18 Maret 2021.

 Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri mengatakan bahwa sejarah mencatat bahwa di sinilah awal mulanya pabrik semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara berdiri.  Sebuah perjalanan panjang yang sarat dengan nilai sejarah dan penuh makna.

PT Semen Padang  secara resmi dibangun pada  1910, pertama beroperasi tahun 1913, dengan kapasistas produksi 22.900 ton/tahun. Perusahaan berkembang dengan pesat. Jumlah pabrik aktif saat ini 5 plant. Beroperasi dengan kapasitas 8,9 juta ton/tahun.   

.

“Kita sangat menyadari, bahwa inovasi adalah daya saing perusahaan dalam menghadapi persaingan semen yang sangat sengit. Saya sangat bangga kita telah menghasilkan banyak inovasi yang bermanfaat bagi perusahaan dan telah diakui di kancah internasional,” katanya. 

Selain membidik bisnis semen, perusahaan  telah mengembangkan bisnis non semen,  di antaranya : workshop yang mampu memproduksi peralatan pabrik, jasa pengujian labor,  memproduksi produk turunan semen seperti poros konkrit,   rumah cepat bangun, dan lain sebagainya. 

Pada kesempatan itu, Yosviandri mengucapkan terimakasih kepada seluruh karyawan/wati  yang telah mencurahkan tenaga, pikiran dan waktu untuk  membesarkan perusahaan. 

“Terimakasih juga kami sampaikan kepada seluruh stakeholder perusahaan yang selalu mendukung perusahaan ini sehingga bisa bertahan di tengah kondisi sulit,” jelasnya. 

Penghargaan setinggi-tingginya juga disampaikannya kepada para pendahulu yang telah mengantarkan estafet kepemimpinan kepada generasi saat ini. 

“Seperti Kata Bung Karno,  jangan sekali-kali melupakan sejarah. Kita doakan para pendahulu kita yang masih hidup agar diberi kesehatan oleh AllahSwt, dan yang telah berpulang dilapangkan kuburnya, dan ditempatkan di tempat yang paling mulia di sisi Allah Swt. Aamiin,” demikian Yosviandri .  


Aa Gym: Tingkatkan Iman dan Taqwa  

Pada kesempatan itu, Aa Gym juga mengucapkan selamat kepada PT Semen Padang yang kini telah berusia 111 tahun. Semoga di usia 111 tahun ini, Semen Padang semakin berkah.  “Sesuatu yang berkah itu membawa kebaikan yang banyak hingga akhirat dan berkah juga untuk karyawan, perusahaan, serta berkah untuk lingkungan dan bangsa Indonesia," katanya. 

Dalam tausiahnya berjudul; Meningkatkan Iman dan Taqwa di Masa Pandemi, ustad kondang kelahiran Bandung, Jawa Barat, 29 Januari 1962 silam itu menyampaikan bahwa sebagai manusia, ada empat kunci hidup. Dua di diantaranya berasal dari sikap dan dua dari menyikapi takdir Allah SWT.

Ia  menyebut, masalah dalam kehidupan ini bukan kejadiannya, tapi sikap dalam kejadian. Orang lulus ujian bukan salah soal, tapi salah jawabannya. Makanya, pandemi atau tidak, bagi orang beriman itu sama saja. Namun bagi orang yang tidak beriman, pandemi merupakan ujian yang berat bagi mereka. 

"Bagi orang yang tidak beriman, ujian yang berat adalah ujian kesulitan dan lupa pada Allah. Contohnya naik pesawat. Kalau pesawatnya lancar dan tenang, biasanya penumpang nonton video, dengar musik dan tidur. Tapi kalau pesawatnya ada guncangan, semuanya ingat pada Allah dan mereka menyebut takbir," ujar Aa Gym. 

Contoh lainnya, adalah orang terpapar Covid-19 langsung salat, jadi dermawan dan banyak sedekah dan menyibukkan diri mendengar ceramah ketika positif Covid-19. Kemudian begitu sembuh, dia hijrah. "Jadi saya kira, tidak perlu kena Covid-19 dulu baru kita hijrah," imbuhnya. 

Aa Gym melalui tausiahnya itu juga menyampaikan empat kunci hidup. Di mana, dua dari empat kunci hidup tersebut, kata dia, berasal dari sikap dan duanya lagi berasal dari menyikapi takdir Allah SWT. Pertama, kalau buat baik kuncinya ikhlas. 

"Jadi, lakukan saja kerja dengan baik, rezeki akan datang dengan sendirinya. Ikhlas itu jadi amal. Kalau orang tidak ikhlas, dia akan cemas, galau, takut tidak dihargai dan takut tidak dibalas budi. Dia akan jadi jengkel dan marah," katanya. 

Kemudian kunci kedua, kalau buat salah segera taubat. Manusia bukan malaikat dan ada kekurangan dan ada kesalahan. Allah SWT menjanjikan, sesungguhnya Allah SWT sangat mencintai orang yang bertaubat. "Sesungguhnya, ancaman terbesar dalam hidup itu bukan Covid-19, tapi dosa kita," bebernya. 

Orang yang jarang bertobat, sebut Aa Gym, hidupnya tidak akan tenang, selalu gelisah. Oleh sebab itu, Ia pun mengajak seluruh insan perusahaan Semen Padang untuk terus beristighfar, karena, Allah SWT bersabda; barang siapa yang memperbanyak istighfar, Allah SWT akan mencabut segala kecemasan dan akan memberikan jalan keluar. 

Ketiga, kata Aa Gym melanjutkan, adalah syukur. Nikmat Allah SWT itu datang bukan setiap hari, tapi setiap saat. "Kita menderita bukan karena dunia, tapi karena kurang bersyukur. Kalau kita bisa menysukuri nikmat Allah, enak hidup ini. 

Kemudian yang keempat, yaitu sabar. Aa Gym mengatakan, sabar itu menahan diri, mengendalikan diri dan jangan marah. Sebab, marah itu sebenarnya nafsu, dan ujung dari kemarahan adalah zalim. Sedangkan sabar kuncinya adalah, ketika ditimpa masalah, dia langsung bertasbih kepada Allah SWT dengan menyebut, sesungguhnya ini semua milik Allah. 

Di akhir tausiahnya, ustad penemu konsep "Perbaiki Diri dan Lakukan Terbaik" (PDLT) itu juga mengajak seluruh insan perusahaan Semen Padang untuk mengimplementasikan empat kunci hidup tersebut agar selamat dunia dan akhirat. "Empat kunci hidup ini harus dipelajari, dipahami dan dilatih tiap hari," katanya. 

Ia juga menyampaikan lima pesan, yaitu tekat kuat untuk dekat kepada Allah, perbanyak taubat, jauhi maksiat, tingkatkan taat, dan tebar manfaat. "Lima pesan ini harus diingat dan diamalkan agar kita selamat dunia dan akhirat," pungkasnya. 

Kesetiaan Kerja

Masih dalam rangkaian peringatan HUT ke-111, PT Semen Padang juga menyerahkan penghargaan kesetiaan kerja  2020 dan tahun 2021 kepada karyawan/ti PT Semen Padang dengan masa kerja 10 tahun, 15 tahun, 25 tahun, 30 tahun dan 35 tahun. Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi dan kontribusi karyawan terhadap kemajuan PT Semen Padang yang kini berusia 111 tahun. 

Direktur Keuangan PT Semen Padang Tubagus Muhammad Dharury mengucapkan terimakasih kepada seluruh karyawan yang mendapatkan penghargaan kesetiaan kerja. "Kami dari manajemen, mengucapkan terimakasih atas loyalitas, dedikasi dan baktinya selama ini, semoga menjadi amal ibadah dan juga menjadi manfaat barokah bagi Semen Padang," katanya. 

Hal senada disampaikan  Direktur Operasi, Asri Mukhtar.  “Kami menyampaikan apresiasi kepada karyawan atas dedikasinya kepada perusahaan.  Teruslah bersemangat untuk berkarya demi kemajuan bersama,” pungkasnya.

Staff Adm & Keuangan CSR Semen Padang yang penerima kesetiaan kerja, Meli Agustini, mengaku terharu mendapatkan penghargaan kesetiaan kerja 25 tahun dari PT Semen Padang. "25 tahun bukan waktu yang singkat bagi saya, banyak suka dukanya," kata Meli.

"Saya adalah manusia yang benar-benar dalam darah daging saya murni dari Semen Padang, karena orangtua saya seorang pejuang, dan pernah menjadi staf pimpinan di PT Semen Padang. Kemudian, di Semen Padang ini juga saya dipertemukan dengan jodoh saya," imbuh Meli. (*/b)

 
Top