Pd,Panjang. Lintas Media.News.
Sebanyak, lebih kurang 50 orang peserta mengikuti seminar parenting dan revitalisasi rumah keluarga yang diinisiasi oleh Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD PKS Kota Padang Panjang, Minggu, 14/3/201, di Auditorium Pondok Indah Raya(PIR) Silaing Bawah Padang Panjang Barat, kota Padang Panjang

Seminar, dibuka langsung oleh Ir. Amrizal Ketua DPD PKS Padang Panjang. Turut hadir, Ketua MPD, Nasrulah  Nukman, Masril Katik dan sejumlah kader PKS dan undangan lainya. Seminar sehari, digagas BPKK DPD PKS kota Padang Panjang menghadirkan narasumber yang pakar dibidangnya, antara lain,Prof. Dr.Irwan Prayitno, Sosiolog, Nelly Angreyni,M,Psi.

Kepada lintasmedia.news, Ketua DPD PKS Padang Panjang, Ir. Amrizal mengatakan, di era digital orangtua sebaiknya memiliki kemampuan mengenalkan education kepada anak, agar anak memiliki akhlak yang baik dan dapat menjaga dirinya dari bahaya pergaulan bebas.

Amrizal mengaharapkan, usai mengikuti seminar ini diharapkan peserta dapat lmenerapkan ilmu yang didapat dalam mendidik anak agar tidak terpengaruh oleh efek negatif dari zaman yang semakin canggih.

Sementara itu, Ketua BPKK Kota Metro, Dwi Yunila S.Pd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa RKI merupakan salah satu program unggulan BPKK.

Dia melanjutkan, usai mengikuti seminar ini diharapkan peserta dapat menerapkan ilmu yang didapat dalam mendidik anak agar tidak terpengaruh oleh efek negatif dari zaman yang semakin canggih.

Sementara, Ketua BPKK PKS Padang Panjang Adra Yustin mengatakan, saat ini berbagai ancaman terhadap rusaknya keluarga yang merupakan insitusi nonformal penting bangsa menjadi alasan utama mengapa kita menggelar kegiatan ini tidak hanya untuk kader tapi masyarakat umum juga.

"Kita menyadari, saat ini begitu banyak ancaman dan tantangan membangun keluarga yang harmonis, BPKK PKS sangat menyadari ini dan kita perlu menjaga ketahanan keluarga agar utuh dan tumbuh menjadi keluarga yang penuh cinta, kerja dan harmoni. Kegiatan ini sekaligus membuktikan bahwa kita sangat peduli dan konsen dengan masalah ketahanan keluarga," ujar Adra Yustin. 

Sementara itu, sosiolog, Nelly Angreyni, mengatakan " era digital dan kesibukan saat ini seminar ini membantu mengingatkan bahwa pentingnya untuk menjaga keutuhan dan ketahanan keluarga karena keluarga yang sehat tentu akan menghasilkan generasi yang kuat.

Untuk itu, peran orang tua sangat dibutuhkan dalam mengontrol pertumbuhan kembang anak
 Artinya, zaman sekarang orang tua harus ketat dalam mengikuti perkembangan anak dari hari kehari. Lengah sedikit, akan berakibat fatal pada anak itu sendiri. 

Perkembangan teknologi dan kemajuan zaman, bila tidak dibarengi dengan pengawasan ketat, orang tua sebagai benteng terakhir punya peran sangat fital dalam menjamin keamanan anak akan dampak dari perkembangan zaman dan teknologi,ujar Nelly.

Ketua MPD DPD PKS Kota Padang Panjang Nasrulah Nukman menambahkan, seminar sehari digelar BPKK DPD PKS, disamping sebagai ajang dilaturahmi antar kader, suami istri para anggota PKS. Kita berharap, seminar ini akan membawa dampak positig bagi kalangang perserta dan orang tua dalam membesarkam dam mendidik anak dalam keluarga,ujar Nasrulah.

Dipenghujung seminar, Prof. Dr, Irwan Prayitno dalam sambungan langsung secara virtual mengatakan, anak adalah amanah dari yang maha kuasa. Tumbuh kembangnya terletak ditangan kedua orang tuanya. Sukses anak, sukses orang tua selaku ibu dan bapaknya. 

Untuk itu, peran orang tua dalam mengarahkan perkembangan dan masa depan anak sangat tergantung peran orang tua. Hirarkinya, orang tua yang bijak tidak harus memaksakan kehandak pada anaknya, termasuk soal pilihan dalam pendidikan. Anak zaman sekarang, sudah kritis. Selaku orang tua, kita hanya memberi saran yang baik untuk anak, ujar Irwan Prayitno(maisonpisano)
 
Top