Padang,Lintas Media News.
Masyarakat Sumatera Barat (Sumbar), tidak perlu khawatir terjadi kelangkaan beras, karena stok di gudang Bulog Sumbar kini tersedia sebanyak 10 ribu ton, jumlah tersebut diperkirakan mencukupi untuk tiga hingga empat bulan ke depan.

"Stok beras di gudang Bulog masih cukup untuk tiga hingga empat bulan ke depan termasuk persediaan untuk beras miskin," kata Pimpinan Wilayah Kanwil Buloq Sumbar Tommy Despalingga di kantornya kemaren.

Menurut Tommy, stok beras tersebut cukup, termasuk persediaan untuk stok tepung terigu ada 13 ton,minyak goreng 38.000 liter dan gula pasir saat ini ada lebih kurang 32 ton.

"Untuk stok gula pasir ini,kita sudah mengajukan permintaan tambahan  lagi ke kantor pusat sebanyak 1000 ton untuk mengantisipasi menjelang bulan suci Rhamadhan  dan lebaran",jelas Tommy.

Selaku Pimpinan Wilayah,Tommy memprediksi tidak akan ada kenaikan harga beras yang Berakti jelang puasa dan lebaran, karena stok yang tersedia mencukupi,dan stok beras tersebut cukup jika sewaktu-waktu daerah kabupaten/kota di Sumbar melakukan operasi pasar.

Tommy menyebutkan,akibat musim kemarau yang panjang,belum signifikan pengaruhnya kepada ketersediaan beras lokal karena,padaumumnya sawah yang ada di Sumbar merupakan sawah irigasi, untuk sementara ketersediaan stok beras lokal di pasar -pasar masih cukup, pemintaan KPSA di Bulog juga masih stabil dan tidak terlalu meningkat di banding tahun -tahun sebelumnya, dan harga juga masih stabil.(ST)




 
Top