Padang Magek, Lintas Media News

Lebih kurang sudah sebelas tahun, pembangunan lantai 2 Mushalla Ponpes Darul Ulum Padang Magek, Kabupaten Tanah Datar, terbengkalai. Tahun ini, pengerjaan pembangunannya harus dikerjakan. Melihat, lamanya tyerbengkalai pembangunan Mushala yang berlokasi di Ponpes Darul Ulum mendesak untuk segera diselesaikan pembangunannya.

Artinya, dengan dibangunanya mushala dua lantai tersebut, bisa digunakan sebagai ruang belajar ruang belajar ratusan santri yang bersekolah di pondok Pesantren Darul Ulum tersebut, ujar Ampera Salim, salah seorang pengurus Ponpes, Sabtu, (31/1) kepada LintasMediaNews, Sabtu 30/1/202.

Disebutkan Ampera Salim, seluruh pembiayaan pembangunan Ponpes Darul Ulum, selama ini, hasil dari sumbangan dari kemurahan hati kaum muslimin yang yang tergerak hati kecilnya untuk menyisihkan sedikit hartanya untuk menyumbang. Setelah, sekian lama terbengkalai pihak ponpes sangat merindukan sebuah mushala.

Bangunan yang sudah lama terbengkalai ini, cepat diselesaikan pembangunanya. Namun apa daya, keterbatasan dana dan anggaran yang tidak dimiliki pengurus, sehingga kondisi bangunan mushala berlatai dua tersebut belum dapat dipergunakan sebagai sarana belajar bagi ratusan santri yang menuntut ilmu agama di Ponpes ini, terang Ampera Salim.

Melihat, perkembangan Ponpes dari tahun ketahun. Jajaran pengurus harus memutar otak untuk mencari dana untuk mengelola ponpes ini dari bulan kebulan. "Kini ruang belajar mendesak ditambah. Disisi lain, pondok tidak punya dana segar untuk membangun lokal untuk belajar santri. Jika, lantai 2 mushalla bisa diatap dan didinding sederhana saja, maka tempat itu sudah bisa dijadikan ruang belajar bagi santri, yang kini lebih kurang 300 orang laki laki dan perempuan," katanya.

Menurutnya, saat ini ruang belajar yang representatif baru lima lokal. Sedangkan untuk belajar diperlukan 10 lokal. Jika lantai 2 mushala itu rampung, berarti lokal bertambah dua lagi. Selain itu, lantai 2 lokal lain sebelah mushalla, juga ada 3 kelas menunggu pasang pintu dan jendela.

"Bila semua lokal belajar sudah terpenuhi, nanti pengurus fokus pada asrama santri laki laki lagi. Kini untuk 70 santri perempuan, sudah nyaman tidur di asrama pondok. Sedangkan santri laki laki baru sebahagian tidur di asrama pondok. Selebihnya  masih tidur di surau surau milik warga sekitar bersempit sempit," katanya.

Dalam hal ini pula, dia berharap, bagi kaum muslimin/muslimat, sanak saudara yang ingin berimfak, bersedekah, diterima di nomor rekening: Pesantren Darul Ulum Padang Magek, BRI Batusangkar, Rek: 5416.01.00.3692.53.9.
Untuk itu, kita sangat berharap sekali bantuan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar
sedikit banyaknya menghibahkan bantuan untuk kelanjutan pembangunan Ponpes secala menyeluruh. Tahun lalu, kita sudah mengajukan proposal bantuan pada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalu Kesra. Namun, realisasinya belum ada sampai sekarang. Kita yakin, bila pemerintah daerah kabupaten sedikit peka melihat kondisi ponpes yang jauh dari kata layak. Pasti, perintah daerah Kabupaten akan terenyuh melihatnya, tukuk Ampera Salim.(maison pisano)
 
Top