Tanah Datar, Lintas Media News

Upacara Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-75 tahun 2021 kembali diperingati di Kabupaten Tanah Datar. Dalam pelaksanaan upacara bendera, inspektur upacara (Irup) Bupati Tanah Datar H.Zuldafri Darma, SH dihalaman kompleks MAN 2 Tanah Datar, Selasa (5/1/2021).

Upacara HAB Kemenag hadir yang mendampingi Bupati Tanah Datar Forkopimda, Kakan Kemenag Drs. H.Syahrul dan perwakilan ASN Kemenag Kabupaten Tanah Datar, Rektor IAIN Batusangkar Dr.Joni Imamora, M.Sc  beserta wakil Rektor, Direktur Pascasarjana Dr.Suswati Hendriani, M.Pd.MM dan kepala MAN 2 Tanah Datar Drs.Sabrimen, MA, perwakilan kepala Madrasah tingkat MI, MTs dan MA.

Pada kesempatan itu, Bupati Zuldafri Darma menyampaikan sambutan Mentri Agama RI KH.H.Yaqut Kholil Qoumas, “peringatan HAB kemenag ke-75 bertema Indonesia Rukun yang mana tema ini sejalan dengan semangat Nasionalisme meletakkan kerukunan antar umat beragama sebagai modal untuk Indonesia maju, tanpa kerukunan akan sulit mencapai cita-cita Bangsa sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Terlebih di NKRI ini umat dituntut saling menghargai hak-hak orang lain. Ini sesuai dengan sila pertama Pancasila  yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa,” kata Menteri Agama.

Ditambahkannya dengan semangat baru Kementerian Agama, maka mesti dikelola semangat baru dalam urusan haji dan umrah serta modernisasi beragama lewat literisasi agama dalam merawat persaudaraan seagama dan pengembangan persaudaraan kebangsaan, itu semua dapat dicapai lewat ketutamaan dalam kebersamaan, ungkap mentri agama.

Diakhir upacara ini juga diberikan piagam penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada 72 orang ASN Kemenag Kabupaten Tanah Datar dengan kategori menjabat 10 tahun, 20 tahun, 30 tahun dari Presiden RI atas pengabdiannya sebagai Aparatur Sipil Negara. Akan tetapi penyerahan ini dilaksanakan secara perwakilan saja termasuk untuk peserta upacara pun dihadiri oleh perwakilan kepala Madrasah dan KUA se Kabupaten Tanah datar. Hal ini mengingat kondisi masih dalam keadaan pandemi. Kemudian dilanjutkan juga menyerahkan santunan bagi anak yatim yang ada di panti asuhan, untuk tahun ini santunan diberikan kepada panti asuhan di Tanjung Baru dan panti asuhan Batipuh.

Media temui Drs.Nasrul Kepala MTsN 03 Tanah Datar disela kesibukannya mengatakan, “Alhamdulillah Kemenag Tanah Datar tetap jaya untuk masa yang akan datang dan saya kategori yang 30 tahun, tapi sudah 34 tahun menjabat sebagai ASN di Kemenag Tanah Datar,” katanya. (YEN)

x

 
Top