MENTAWAI.Lintas Media News.
Unit Pengelola Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang meresmikan pemakaian 13 unit rumah da'i yang berada di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), baru-baru ini. 

Bertempat di KM-40 Desa Bulasat, Kecamatan Pagai Selatan, peresmian 13 unit rumah da'i binaan UPZ Baznas Semen Padang itu, ditandai dengan penyerahan replika kunci rumah dan pengguntingan pita rumah da'i oleh Camat Pagai Selatan Andar Sabelau. 

Peresmian rumah da'i itu juga disaksikan pihak Kementerian Agama Kepulauan Mentawai yang diwakili Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Indra Gunawan, Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi dan perwakilan Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP). 

Kemudian dari pihak UPZ Baznas Semen Padang, hadir Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif beserta jajaran. Selain itu, juga hadir sejumlah masyarakat yang ada di Desa Bulasat. 

Selain meresmikan rumah da'i, pada kesempatan itu, UPZ Baznas Semen Padang juga menyerahkan 25 unit sepeda motor operasional untuk da'i binaan UPZ Baznas Semen Padang yang berada di Kepulauan Mentawai. 

Kepala Departemen Komunikasi & Sarana Umum PT Semen Padang di Padang, Jumat (29/1/2021) mengatakan,  bantuan sepeda motor dan bantuan pembangunan rumah  itu merupakan bentuk apresiasi UPZ Baznas Semen Padang kepada da'i binaan yang telah mendukung program UPZ Baznas Semen Padang di Mentawai, khususnya bidang Syiar Islam.

“Apresiasi ini diberikan kepada da'i, karena perjuangan mereka  dalam mensyiarkan Islam di Mentawai luar biasa berat, terutama medan jalan yang rusak berat menjadi tantangan di Mentawai dalam menjangkau umat Islam di pedalaman Kepulauan Mentawai,” kata Oktoweri. 

 Seperti di Desa Bulasat ini contohnya. Jika hujan, kondisi jalan yang berlubang juga semakin becek dan berlumpur. Jangan kan sepeda motor biasa, sepeda motor trabas pun sulit melewati jalan ini. Selama ini, banyak da'i yang jatuh ketika melintasi jalan berulang berlumpur. 
Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif menambahkan,  bantuan rumah da'i dan sepeda motor itu diharapkan dapat meningkatkan motifasi para da'i binaan yang ada di tanah "Sikerei". Apalagi bagi UPZ Baznas Semen Padang, para da'i binaan adalah ujung tombak berbagai program UPZ Baznas Semen Padang yang ada di Kepulauan Mentawai, khususnya di bidang Syiar Islam, dakwah dan advokasi. 

"Di Kepulauan Mentawai ini ada 51 orang da'i binaan kita dan mereka telah menjadi da'i binaan sejak 1996. Mereka tersebar hingga ke pelosok-pelosok pedalaman di Kepulauan Mentawai, seperti Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Selatan dan Pulau Pagai Utara," bebernya. 

Terkait bantuan sepeda motor, Arif menuturkan bahwa sebanyak 25 sepeda motor yang diserahkan hari ini merupakan penyerahan tahap II. Untuk tahap I sebanyak 27 unit, kata Arif, telah diserahkan pada 2018, sehingga total sepeda motor operasional untuk da'i binaan di Mentawai berjumlah 52 unit. 
"Sampai saat ini sudah 25 unit sepeda motor operasional yang kami serahkan. Satu unit dari jumlah tersebut, kami serahkan untuk operasional Kepala Sekokah MTsS Ruhama' Pasapuat sekaligus da'i binaan kita. Dan kami pun juga bayarkan pajak sepeda motor unruk da'i ini hingga lima tahun ke depan, " ujarnya. 

Semua bantuan yang diserahkan UPZ Baznas Semen Padang, tambah Arif, bersumber dari zakat karyawan/ti PT Semen Padang. "Oleh sebab itu, saya mengucapkan terimakasih kepada manajemen PT Semen Padang yang telah memberikan kepercayaan kepada UPZ Baznas Semen Padang untuk menyalurkan zakat karyawan/ti PT Semen Padang," tuturnya. 

Kepala Seksi  Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Kepulauan Mentawai Indra Gunawan mengapresiasi UPZ Baznas Semen Padang yang telah memberikan bantuan rumah dan sepeda motor operasional untuk da'i binaanya, apalagi para da'i binaan UPZ Baznas Semen Padang, juga ikut serta membantu program-program Kemenag Kepulauan Mentawai. 

Di Mentawai, kata Indra, UPZ Bazmas Semen Padang telah banyak berbuat. Tidak hanya menyebarkan puluhan da'i binaan, tapi juga mendukung program Kemenang Kepulauan Mentawai. Salah satunya, mendukung penuh pelaksanaan sidang isbath nikah di Kepulauan Mentawai yang digelar pada 2018 dan 2019. 

"Ada 611 pasangan suami istri yang di sidang. Dalam pelaksanaan sidang itsbath nikah itu, UPZ Baznas Semen Padang memberikan dukungan penuh dengan memfasilitasi pihak Pengadilan Agama Kelas I A Padang untuk datang ke Kepulauan Mentawai," katanya. 

Indra berharap agar UPZ Baznas Semen Padang terus memperhatikan keberadaan umat Islam di Kepulauan Mentawai yang sangat membutuhkan bimbingan dalam meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

"Semoga apa yang diperbuat UPZ Baznas Semen Padang di Mentawai dapat menjadi ladang amal. Begitu juga dengan seluruh karyawan/ti Semen Padang yang telah menyalurkan zakatnya kepada UPZ Baznas Semen Padang," ujarnya. 

Perwakilan SPSP Arif Rusman pada kesempatan itu menitipkan doa kepada seluruh da'i binaan UPZ Baznas Semen Padang dan umat Islam yang ada di Kepulauan Mentawai. "Mohon doakan kami dan perusahaan," katanya. 

Kalau karyawan dan perusahaan PT Semen Padang sejahtera, maka jumlah zakat yang dihimpun UPZ Baznas Semen Padang tentu akan meningkat. 

"Peningkatan tersebut tentunya juga berdampak baik pada umat Islam di Mentawai," imbuh Arif didampingi Daski Wandi yang juga perwakilan SPSP. 
Salah seorang da'i binaan UPZ Baznas Semen Padang Rosman mengaku bersyukur dan terharu usai mendapatkan bantuan rumah dan juga sepeda motor operasional dari UPZ Baznas Semen Padang. 

"Alhamdulillah, kami senang bisa mendapatkan rumah dan sepeda motor. Bantuan ini sangat berharga bagi kami dan tentunya bantuan ini akan meningkatkan semangat kami dalam mensyiarkan Islam di pedalaman Mentawai," katanya.(*)
 
Top