Pdg. Panjang, Lintas Media News

Veteran atau mantan pejuang tahun 1945, merukan bukti sejarah yang tidak bisa dilupakan jasa jasanya,  dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Ditangan mereka, lahirnya negara kesatuan Repuplik ini. Sebagai,  generasi muda kita sangat berutang budi pada sosok rapuh ini. Dengan, semangat pantang menyerah,bermodalkan bambu runcing ditangan maju kemedan perang merebut kemerdekaan dari tangan musuh. 

Pemetintah kota Padang Panjang,  melalui Dinas Sosial,  memberikan sedikit buah tangan dihari bersejarah ini. Bentuk ucapan terima kasih, atas jasa dan perjuangan para Veteran dalam mempertahankan Kemerdekaan RI, Dinas Sosial PPKB P3A membagikan bantuan berupa sembako kepada Veteran Kota Padang Panjang dalam rangka memperingati HUT RI ke 75, Jum'at (14/8).

Bantuan ini diberikan kepada 38 orang veteran yang terdata di Dinas Sosial, itu pun termasuk veteran yang sudah almarhum yang di serahankan kepada janda verteran atau pihak keluarga.

Dalam kegiatan ini, Dinas Sosial langsung didampingi oleh Kadis Sosial PPKB P3A Padang Panjang, Osman Bin Nur, Sekretaris Drs. Eri, Ketua Veteran Wilayah Pabasko Bapak Dra. Syofyan Udni Datuak Lelo Basa, menyerahkan langsung bantuan kepada para veteran.

Kadis Sosial PPKB P3A Kota Padang Panjang, Osman Bin Nur menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menjalin silahturahmi dengan para veteran dalam rangka Memperingati HUT RI ke 75. "Biasanya kegiatan ini dilakukan dengan cara mengundang para veteran untuk upacaran 17 Agustus dan audiensi ramah tamah bersama Bapak Walikota," jelasnya.

Namun, dengan kondisi pada saat masa Covid 19 ini, Pemerintah melalui Dinas Sosial tetap melakukan silahturami dengan para veteran , tapi dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Kegiatan, dilakukan dengan cara memberi bantuan berupa sembako yang diantar langsung ke kediaman para veteran, ujar Oesman Bin Nur.

Bertepatan, dengan adanya kegiatan bantuan ini, Kepala Dinas Sosial PPKB P3A dan rombongan sangat antusias karena selain memberikan bantuan, Osman bin Nur juga berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para veteran dan pihak keluaga. "Kami sangat berterima kasih dan bangga kepada Kepala Daerah berserta jajaran masih mengingat jasa kami, dan memberi perhatian kepada bekas bekas pejuang seperti kami", ujar Drs. Syofyan Udni selaku Ketua Veteran wilayah Pabasko.

Para veteran dan pihak keluarga sangat senang menerima bantuan ini dan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Pemko Padang Panjang, dengan harapan bantuan ini akan tetap menjadi silahturahmi antara pemerintah dengan para veteran. 

Hut RI, merupakan ajang silaturahmi antara sesama Veteran. Artinya, untuk bertemu tiap hari,  hal tidak mungkin kami lakukan. Disamping, faktor usia dan jarak tempuh sesama kami, itu yang makin membuat jarak semakin jauh. Dimomen, kemerdekaan ini sangat berarti sekali kami semua biisa berkumpul sambil bernostalgia mengingat masa lalu yang pahit bersama sama kita lalui. Tidak terasa,  sudah 75 tahun Indonesia berdeka. Usia,  yang matang untuk sebuah negara, ujarnya. (maison pisano) 

 
Top