Sawahlunto, Lintas Media News
Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti  memimpin rapat koordinasi tugas dan peran antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam mendukung PSDKU (Program Studi Di luar Kampus Utama) UNP di Sawahlunto. PSDKU UNP Sawahlunto membuka jurusan Diploma III (D III) pertambangan dan teknik alat berat.
           Wawako Sawahlunto Zohirin Sayuti

Zohirin Sayuti mengatakan, walaupun PSDKU UNP ini adalah ranah pendidikan, namun untuk mempercepat membangunnya tidak bisa hanya bertumpu pada Dinas Pendidikan saja. Kerjasama dari berbagai OPD mutlak dibutuhkan, sebab itulah dalam rapat koordinasi tadi itu Wakil Walikota menekankan agar seluruh OPD dapat memiliki satu visi dan menjalin koordinasi yang optimal. 

"PSDKU UNP ini adalah peluang emas bagi kita untuk mewujudkan cita - cita adanya kampus di Sawahlunto. Maka jangan sampai peluang ini gagal dimanfaatkan, batal terlaksana karena perangkat Pemko tidak siap atau tidak saling mendukung. Jadi sejak awal ini, kita memulai bersama - sama, ini pekerjaan kita bersama, semuanya berperan," kata Wakil Walikota Zohirin Sayuti dalam arahannya, Kamis (16/7), di Kantor Dinas Pendidikan Sawahlunto.

Pihak UNP merencanakan aktifitas perkuliahan sudah bisa dimulai pada tahun ajaran 2020/2021 ini, namun karena proses pembangunan ruangan belajar untuk PSDKU ini baru akan rampung tahun 2021, maka untuk sementara ini memakai eks SD Negeri 07 Muaro Kalaban untuk tempat perkuliahan. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto Asril mengatakan, dalam perjanjian kerjasama (MoU) antara UNP dengan Pemko Sawahlunto menyepakati bahwa kewajiban dari Pemko Sawahlunto adalah menghibahkan tanah dan bangunan untuk digunakan UNP sebagai tempat perkuliahan. Sementara, untuk operasional perkuliahan sampai pada tenaga pendidik maupun proses penerimaan mahasiswa dan lainnya itu diurus dan dilaksanakan oleh pihak UNP.  "Jadi, ada 3 bangunan yang akan kita bangunkan untuk PSDKU UNP ini. Itu terdiri dari 1 ruang kantor ditambah 2 ruang belajar," kata Asril. (nv'h)
 
Top