Wagub Sumbar Minta:
Semua Hambatan Di Daerah Terpencil Harus Dibuka

SOLSEL.Lintas Media News.
Sejak diberlakukannya penetapan Tatanan Kehidupan Baru
yang Produktif dan Aman Covid-19 di Sumatera Barat, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mulai melakukan kunjungan kerjanya ke daerah-daerah terpencil yang selama ini kurang maksimal merasakan pembangunan.

Daerah yang menjadi sasaran kunjungan kerja ini terletak di pedalaman Solok Selatan Nagari  Lubuk Ulang Aling Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan, di sekitar wilayah perbukitan dengan kondisi geografis yang cukup sulit untuk dijangkau dengan kendaraan darat, Kamis (11/6/2020).

"Kunjungan ke daerah terpencil ini, sangat penting kita kunjungi, agar bisa melihat secara nyata progres yang pembangunan yang sudah dilakukan, termasuk menyerap langsung aspirasi masyarakat setempat," kata Wagub Sumbar.

Infrastruktur, kesehatan dan pendidikan yang masih menjadi persoalan daerah terpencil akan dijadikan perhatian yang tak boleh dipisahkan.

"Kita harus buka semua batas-batas yang menghalang, jangan ada hambatan untuk daerah terpencil," ucapnya.

Orang nomor dua Sumbar bersama Plt. Bupati Solok Selatan, Balai Pelaksana Jalan Nasional III, PUPR Sumbar beserta rombongan lainnya mulai berangkat pukul 06.00 WIB - 12.17 WIB dari Solok Selatan menuju lokasi butuh perjalanan 6 (enam) jam lebih untuk sampai ketujuan.

Jalan tanah mendaki dan berlobang yang jarang ditempuh membuat kendaraan 4x4 berjibaku ditengah hutan.

"Bagaimana pun kita harus sampai ke lokasi, inilah yang dirasakan warga kita yang ada di daerah terpencil. Apalagi saat hari hujan jalan ini tidak bisa ditempuh," ujar Nasrul Abit saat memberi semangat pada rombongan.

Selain itu, Wagub Sumbar dalam hal ini akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Seharusnya BPJN III lebih banyak berkoordinasi kepada pemerintah provinsi.

“Kalau ada kolaborasi, saya kira semua bisa kita kerjakan. Saya mengingatkan utamakan jalan-jalan yang ada di perkampungan, agar masyarakat disana bisa membawa hasil kebunnya keluar," tuturnya.

Nasrul Abit juga menceritakan bagaimana kolaborasi antara pemerintah provinsi dengan kabupaten kota sudah berjalan dengan baik. Khususnya, untuk membuka jalan-jalan baru supaya tersentuh pembangunan bagi daerah yang terisolir.

"Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu kunci untuk mencapai pertumbuhan ekonomi berkelanjutan bagi daerah, kita berkolaborasi untuk perbaikan jalan ini,” tukasnya

Adapun daerah yang dikunjungi Wagub Sumbar bersama rombongan, yaitu Nagari Lubuk Gadang, Lubuk Gadang Utara, Lubuk Gadang Timur, Lubuk Gadang Selatan dan Lubuk Ulang Aling Kabupaten Solok Selatan. Sekaligus bertatap muka dengan masyarakat untuk mendengarkan keluhan-keluhan soal pembangunan.

Selanjutnya Plt Bupati Solok Selatan Abdul Rahman mengatakan kunjungan kerja Wagub Sumbar ke kampung-kampung di pedalaman Solok Selatan dapat meningkatkan semangat pembangunan di daerah-daerah terpencil.

untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik itu dalam urusan permasalahan sosial, perekonomian, infrastruktur, dan administrasi kependudukan.

"Ini sebagai wujud nyata bahwa pemerintah provinsi hadir di tengah-tengah persoalan masyarakat," sebut Abdul Rahman.

Dalam kunjungan tersebut, masyarakat sangat antusias menyambut untuk ingin menyampaikan keluhannya. Kedekapatan Wagub Sumbar dengan masyarakat, inginkan pemprov bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat setempat.(rel/st)
 
Top