PADANG.Lintas Media News.
Setelah ada penundaan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke-XXVIII. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berencana akan melaksanakan kembali acara MTQ Nasional tersebut pada tanggal 21-28 November 2020.

Terkait rencana tersebut Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit akan menyampaikan dan menyurati kepada Menteri Agama Jenderal Purn Fachrul Razi di Jakarta. 

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Nasrul Abit saat rapat diruang kerjanya yang dihadiri oleh Kepala Biro Bintal dan Kesra H. Saifullah, Kepala Dinas Kominfo Jasman Rizal, Kepala Dinas Kebudayaan Gemala Ranti dan dinas terkait lainnya, Senin (15/6/2020).

"Ini mengingat situasi hampir semua daerah di Indonesia sedang menghadapi wabah Covid-19, makanya kita akan usulkan ke Menteri Agama RI untuk dilaksanakan pada tangga 21 - 28 November," ucap Wagub Sumbar.

Penundaan itu diharapkan agar provinsi di Indonesia lebih fokus menghadapi penangangan Covid-19, termasuk Sumbar. Seperti diketahui, kasus Covid-19 Provinsi Sumatera Barat terjadi penurunan kasus dalam satu bulan ini. Persiapan juga telah dilakukan Pemerintah Daerah bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama, LPTQ dan lembaga terkait lainnya. 

Menurutnya, pelaksanaan MTQ Nasional ke-XXVIII telah diputuskan oleh Gubernur Sumatera Barat. Kesiapan secara teknis telah kita rapatkan sebelumnya. Meski demikian, Gubernur berharap persiapan lain yang tidak terganggu oleh wabah Covid, tetap dilaksanakan. 

Namun, menurut Irwan, keputusan menunda pelaksanaan MTQ Nasional ke-XXVIII perlu dilakukan melihat perkembangan kasus corona virus disease 2019 (Covid-19) yang terjadi di Indonesia. Meski demikian, Gubernur berharap persiapan lain yang tidak terganggu oleh wabah Covid, tetap dilaksanakan.

"Kita juga sudah mempersiapkan, semua sarana dan prasarana dalam kegiatan MTQ ini. Termasuk pembinaan terhadap qori dan qoriah ini, tidak ada masalah," ungkap Nasrul Abit.

Wagub Sumbar menjelaskan, sebelumnya, Pemprov Sumatera Barat yang bertindak sebagai tuan rumah MTQ XXVIII telah menyarankan pada pembukaana pada akhir November 2020.

"Semua ini tergantung pusat apabila disetujui, kita akan persiapkan semua. Untuk itu saya mengingatkan semua OPD untuk mempersiapkan alokasi anggaran pelaksanaan MTQ Nasional ke-XXVIII. Mudah-mudahan wabah Covid-19 segera habis dan kita bisa melaksanakan event ini," harapnya.(rel/st)
 
Top