PADANG.Lintas Media News.
Sebagai komitmen untuk ikut mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di Kota Padang, Wakil Dekan III Fakultas Teknik Unand Dr Ir Is Prima Nanda Rangkayo Ganto Suaro, MT, menyerahkan alat pelindung diri (APD) karya mahasiswa KKN Tematik Unand ke Pemko Padang, Selasa (16/6).

Bantuan berupa face shield sebanyak 150 buah, handsanitizer 10 botol, handsoap 20 botol, alat handsoap otomatis 1 set dan alat cuci tangan otomatis (pakai sensor) 1 set, dan diterima langsung Wakil Walikota Padang Hendri Septa, BBus, MIB, di Palanta Rumah Dinas Walikota Padang, Jl M Yamin Padang.

Wawako Hendri Septa menyampaikan, Pemko Padang telah berupaya semaksimal mungkin agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan. "Kita harap masyarakat patuh, kalau tidak kita khawatir akan terjadi lagi peningkatan yang terdampak Covid-19," ujar wawako.

Jadi, sebut Wawako Hendri, dengan telah masuknya Kota Padang ke era new normal, maka semua pihak harus patuh dan disiplin dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Tak lupa Wawako Hendri menyampaikan terima kasih kepada Unand, dan mengapresiasi karya mahasiswa. "Kalau bisa karya ini dipatenkan. Ini harus menjadi momentum bahwa karya mahasiswa bisa membantu memutus mata rantai Covid-19," tukasnya.

Sementara itu, saat menyerahkan bantuan, Is Prima Nanda yang juga Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa KKN Tematik Fakultas Teknik, dan juga ikut Fakultas Pertanian Unand, didampingi Heryanto Rustam dan Fachril Murad, pengurus AFTA, alumni Fakultas Pertanian Unand.

Saat memberikan sambutan, Is Prima Nanda menyampaikan, selama ini mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) berada di lokasi selama 2 bulan, tapi karena masa pandemi Covid-19, KKN mahasiswa disebut dengan KKN Tematik, dimana mahasiswa membuat tugas-tugas yang berhubungan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"APD yang diberikan ke Pemko Padang hari ini semuanya merupakan hasil karya mahasiswa Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian Unand yang sedang melakukan KKN Tematik. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat Kota Padang," ucapnya.

Begitu juga disampaikan koordinator Tim Mahasiswa KKN Tematik Syahdatan Jordan, dimana ia berharap semoga temuan APD ini bisa digunakan oleh masyarakat secara maksimal. "Mudah-mudahan hasil karya ini bisa mencegah penyebaran Covid-19," ujar Jordan, diamini mahasiswa lainnya Ivan Rasyid,
Sari Kurnia Ilahi, dan Husen yang menjadi anggota.

Dalam kesempatan ini, mahasiswa memeragakan cara kerja pencuci tangan otomatis (automatic hand washer) pakai sensor kepada Wawako Padang Hendri Septa, yang didampingi staf dari Dinas Perdagangan dan Bagian Humas Pemko Padang.

Turut hadir juga perwakilan pedagang dari Pasar Raya dan Pasar Tanah Kongsi Padang, dimana rencananya bantuan tersebut akan diberikan kepada para pedagang, atau ditempatkan di pasar-pasar.(nov/St)
 
Top