Padang.Lintas Media News. Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menerima bantuan wastafel dari Tim Satuan Tugas (Satgas) bencana Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di kantor BPBD Provinsi Sumbar, Rabu, (10/6/2020).

Gubernur Sumbar mengatakan.Tim Satgas BUMN Provinsi Sumatera Barat memberi bantuan sebanyak 200 wastafel, pada hari ini diserahkan sebanyak 165 unit westafel, dan 35 unit lagi telah lebih dulu disalurkan, hal tersebut adalah sebagai bentuk kepedulian dan peran serta dalam pencegahan COVID-19 di Sumatera Barat.

"Penyerahan wastafel cuci tangan tersebut telah diserahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat, wastafel ini akan disebarkan ke daerah-daerah atau untuk kepentingan umum nantiknya, bisa kemesjid, kantor, pasar, dan termasuk ke selolah-sekolah juga", Ucap Irwan.

Gubernur Irwan mengucapkan terima kasih kepada Tim satgas BUMN telah peduli kepada kita di Sumbar, hal ini sangat bagus sekali dan mudah-mudahan wastefel ini sangat bermanfaat untuk masyarakat saat hadapi pandemi covid dan mudah-mudahan covid cepat berlalu. Kepada masyarakat agar wasfel ini juga dapat dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik sehingga dipergunakan untuk jangka panjang", sambung Irwan.

Selain itu Wakil Satgas BUMN Pelindo Iskandar mengatakan, yang berperan aktif dalam pembuatan wastafel ini adalah dari Mahasiswa Politeknik Negeri Padang, karena tidak bisa magang karena covid 19, mereka ditarik kekampus, lalu berdayakan berupa westafel untuk cuci tangan.

"Untuk harga Wastafel diperkirakan 1,7 Juta perunit, harganya cukup murah, tetapi kualitasnya bagus" katanya.

Selain wastafel ini, mahasiswa Politeknik Negeri Padang juga berperan aktif juga dalam pembuatan APD, sembako, dan ventilator termasuk juga seluruh kebutuhan Swab BNI sebanyak 2000 orang. jadi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Sumatera barat dalam suasana covid 19 ini BUMN melalui satgasnya akan hadir dan ikut berperan dalam penanganan bencana.

"Apapun bencana yang terjadi di sumbar kami akan hadir, karena ini adalah salah satu amanat negara bagaimana kita dapat memberikan suport kepada masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut Iskandar mengatakan akan ada penambahan westafel lagi kalau Gubernur menyurati, kita akan coba tambah sesuai dengan kebutuhan, sambungnya.

Westafel ini sudah kami salurkan ke Kota Padang beberapa daerah juga sudah kita salurkan, dan selebihnya akan disalurkan oleh BPBD, karena mereka yang lebih tau kemana tempat yang membutuhkan penyaluran westafel tersebut.(rel/st)
 
Top