Padang.Lintas Media News.
Kepala Biro Humas Setda Prov Sumbar, selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal meneyebutkan, hingga Jumat, 8 Mei 2020, telah 270 orang Warga Sumbar terinfeksi covid-19. Terjadi penambahan 18 orang lagi. Sembuh bertambah 5 orang, sehingga total sembuh 46 orang, meninggal dunia bertambah 1 orang sehingga jumlah 17 orang.

"Pertambahan sebanyak 18 orang warga Sumbar positif terinfeksi covid-19 hari ini berdasarkan hasil swab test laboratorium fakultas kedokteran UNAND yang dipimpin oleh Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc dan Balai Veteriner Bukittinggi, yaitu dari Kota Padang 13 orang, Kota Padang Panjang 3 orang, Bukittinggi 1 orang dan Kota Payakumbuh 1 orang," kata Jasman.

Rinciannya sebagai berikut:

Kota Padang

1. Wanita 15 th, warga Ketaping, Pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

2. Pria 45 th, warga Ketaping, Pedagang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

3. Wanita 15 th, warga Ketaping, Pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

4. Pria 55 th, warga Kurao, Pegawai Swasta, terinfeksi dengan pembeli dagangan di rumah, Meninggal dunia.

5. Wanita 86 th, warga Mata Air, tidak bekerja, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, di rawat di RSUD. Rasyidin Padang.

6. Pria 44 th, warga Parak Laweh, bekerja di HPI PT Pelindo, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

7. Wanita 39 th, warga Purus, Ibu Rumah Tangga, terinfeksi karena suami jualan di Pasar Raya, penanganan isolasi mandiri.

8. Pria 44 th, warga Mata Air, bekerja di PT Pelindo, terinfeksi dengan teman yang pulang dari Jakarta tanggal 29 Maret 2020, penanganan isolasi mandiri.

9. Pria 34 th, warga Mata Air, bekerja di PT Pelindo, terinfeksi karena pulang dari jakarta tanggal 29 Maret 2020, penanganan isolasi mandiri.

10. Pria 37 th, warga Lubuk Kilangan, anggota Polri, terinfeksi karena pulang dari Sukabumi dan kontak dengan keluarga salah seorang tenaga kesehatan puskesmas Tarusan, dengan penanganan isolasi mandiri.

11. Pria 60 th, warga Pemancungan, wiraswasta, dengan penanganan isolasi mandiri.

12. Pria 17 th, warga Pemancungan, Pelajar dengan penangan isolasi mandiri.

13. Wanita 26 th, warga Kampung Jua, bekerja sebagai tenaga kesehatan, penanganan isolasi mandiri.

Kota Padang Panjang

1. Balita umur 2 th, warga Kampung Manggis, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, di rawat di RSUD Padang Panjang.

2. Wanita 69 th, warga Kampung Manggis, seorang Ibu Rumah Tangga, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, dirawat di Dinkes Padang Panjang.

3. Pria 66 th, warga Kampung Manggis, Pedagang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, dirawat di Dinkes Padang Panjang.

Kota Bukittinggi

1. Wanita 23 th, warga Mandiangin, Mahasiswa, pulang dari Jakarta Selatan 10 hari yang lalu, di rawat di RSUD Dr. Achmad Mochtar.

Kota Payakumbuh

1. Pria 28 th, warga Koto Kaciak Kubu Tapak Rajo, Pegawai Swasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri.

Pasien sembuh sebanyak 5 orang dengan rincian:

1. Pria 53 th, warga Andaleh Kota Padang, wiraswasta. Pasien RS Semen Padang Hospital

2. Wanita 45 th, warga Parak Karakah, tenaga kesehatan. Pasien Semen Padang Hospital

3. Pria 31 th, warga Subarang Padang, tenaga kesehatan. Pasien RST Reksodiwiryo Padang

4. Wanita 33 th, warga Kuranji Kota Padang, pegawai Tata Usaha. Pasien RST Reksodiwiryo

5. Wanita 28 th, warga Aua Duri Kota Padang, tenaga kesehatan, pasien RST Reksodiwiryo Padang.

Dengan demikian total yang telah dinyatakan positif terinfeksi covid-19 di Provinsi Sumatera Barat sampai hari ini Jum'at 8 Mei 2020 adalah 270 orang, dengan rincian 117 orang dirawat diberbagai Rumah Sakit, isolasi mandiri di rumah 52 orang, Bapelkes 12 orang dan di BPSDM 26 orang, meninggal dunia 17 orang dan sembuh 46 orang.

Berikut perkembangan Covid-19 di Sumbar yang datanya kami himpun dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas kabupaten kota se Sumatera Barat, Jum'at, pukul 16.00 WIB.

Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 8.697 orang.

Proses pemantauan 262 orang, dengan rincian karantina Pemda 69 orang dan 193 orang isolasi mandiri. Selesai pemantauan 8.435 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 534 orang.

Dari 534 PDP tersebut, 38 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif, pulang dan sehat sebanyak 495 orang dan isolasi mandiri di rumah 1 orang.

"Mari kita semua berdoa, semoga wabah pandemik covid-19 segera berakhir. Aamiin," ajak Jasman. (Hms Pemprov/St)


 
Top