Heranof Firdaus
          Ketua PWI Sumbar

Dengan keyakinan penuh bahwa bumi, langit dan semua isinya milik Allah, maka corona virus itu juga milik Dia. Sama dengan nyamuk, lalat dan semua makhluk lainnya yg sama2 bernyawa.

Bedanya covid-19 ini sangat kecil, seperti sebutir debu, tidak bisa dilihat dg mata telanjang dan istimewanya mampu membelah diri 10x lipat dalam waktu singkat.

Dalam waktu singkat, makhluk ini telah merubah wajah dunia dan perilaku manusia bahkan menghancurkan sejumlah sendi2 kehidupan.

Maka kembali kepada iman, maknai ini sebagai peringatan dari Allah.

Bahwa menghadapi makhluk yg super kecil saja, manusia penghuni bumi ini sudah kalang kabut, ekonomi negara-negara ebat berantakan, senjata2 super canggih tak berguna, gedung pencakar langit kosong melompong bahkan semua negara menutup pintu masuk terhadap pendatang. Manusia amat takut pada makhluk super mini ini.

Tampaknya, Allah sedang menghinakan manusia2 yg selama ini mengagung-agungkan kemewahan dan menuhankan kemajuan hidup sampai melupakan keagungan Sang Maha Pencipta dan pemilik langit, bumi dan semua isinya.

Renungannya adalah, tak ada yg perlu dipuja-puja kecuali Allah. Tidak usah maopok-opok sampai lupa padaNya. Semua yg kita kejar itu hanya fatamorgana, bayang2 indah yg menghabiskan usia dan melelahkan. Mari kita kembali kepadaNya, memperbanyak doa dan merendahkan diri dg sungguh2.

Sesungguhnya semua urusan kembali keoada Allah. Dia yg memutar kesenangan dan kesusahan. Setelah itu semua manusia pasti kembali kepadaNya.

Barakallahu fikum..
 
Top