Padang.Lintas Media News.
Sebanyak 25 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan yang baru dibekali ilmu pengetahuan dan pemahaman empat pilar kebangsaan, agar bisa menjalankan tugas dan fungsi secara maksimal.

Kegiatan Orientasi atau pembekalan Tugas Anggota DPRD Solok Selatan periode 2019-2024 di Hotel Kyriad Bumiminang Padang, Rabu (11/9/2019). Kegaitan pembekalan tugas kedewanan tersebut akan berlangsung selama lima hari dimulai dari tanggal 10-14 September 2019.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dalam sambutannya berharap empat Pilar Kebangsaan ini dapat di Implementasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam melaksanakan tugas sebagai pedoman bagi anggota DPRD Solok Selatan, merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia.

"Dalam orientasi ini, kita menginginkan satu persepsi yang sama di bangsa ini, oleh karena itu, saya berharap nilai-nilai yang terkandung dalam negara kita dapat menjadi pehaman kita bersama," ungkapnya.

Empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), harus menjadi pedoman warga negara termasuk sebagai anggota DPRD.

"Kita harus memiliki Integritas yang kokoh, tidak goyah dan memiliki prinsip untuk mempertahankan nilai-nilai pancasila, jangan sampai kita masuk kedalam paham -paham yang menganggu stabilitas negara seperti radikalisme dan terorisme," kata Nasrul Abit.

Pemahaman pancasila dan keutuhan NKRI harus ditanamkan setiap rakyat Indonesia. Karena itu, seluruh wilayah Indonesia harus mendapat perhatian maksimal agar tidak terjadi gangguan keamanan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Selain itu Wagub Sumbar juga memberikan penjelasan terhadap tugas, kewenangan DPRD dalam membangun kinerja bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan pelayanan publik serta membangun Transparasi pengelolaan keuangan Negara agar tertib adminstrasi, efisien, ekonomis, efektif dan bertanggungjawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan.

Wagub Nasrul Abit juga menyoroti bahwa tugas peran para Anggota DPRD Kabupaten Kota harus didahulukan apa yang menjadi kebutuhan rakyat dan yang menjadi prioritas daerah masing-masing.

Sementara Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar, Jefrinal Arifin menjelaskan, orientasi bagi anggota DPRD bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap dan semangat pengabdian DPRD dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah di dalam kerangka NKRI.

Anggota DPRD dibekali materi tentang empat pilar kebangsaan dan wawasan kebangsaan, pembangunan daerah serta teknis pengelolaan keuangan daerah. Dengan metode pembelajaran yaitu ceramah, Brain storming (curhat pendapat), diskusi, menonton film pendek dan latihan serta pratek.

Selain itu pula akan diberi materi mengenai hubungan kerja antara eksekutif dan legislatif juga sistem pemerintahan, yang berlaku di negara Indonesia.

Selanjutnya acara pemasangan tanda peserta pada Ketua DPRD Solok Selatan Sementara Zigo Rolanda sebagai perwakilan dan foto bersama.

 
Top