Padang,Lintas Media.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan makan bajamba di Padang dengan masyarakat ranah minang pada acara puncak hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) tingkat nasional ke 47 tahun 2019.

“Presiden Jokowi dijadwalkan akan hadir untuk membuka pada puncak HKG-PKK  pada 25 Juli 2019, dan makan bajamba  di lapangan RTH Imam Bonjol yang akan didampingi Kemendagri, Gubernur dan DPRD provinsi, TP PKK pusat, provinsi dan kabupaten/kota, serta kepala dinas  Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) se Indonesia juga akan hadir,” sebut Ketua Umum Penyelengga HKG-PKK tingkat Nasional 2019, Alwis, Rabu (30/1/2019).

Alwis juga menyampaikan kegiatan HKG-PKK ini akan diawali dengan pameran produk UP2k PKK pada Rabu 24 Juli . Lomba simulasi 10 program PKK, gala dinner dan penyerahan hadiah kepada pemedang lomba. Kemudian pada Kamis 25 Juli dilaksanakan puncak peringatan HKG-PKK ke 47, jamuan makan bajamba, lomba bermain peran 10 program PKK dan fashion show baju adat dari seluruh daerah di Indonesia.

“Kemudian pada Jumat 26 Juli 2019 diadakan seminar nasional PKK, dan festival memasak rendang. Pada Sabtu 27 Juli usai penutupan HKG-PKK akan dilanjutkan dengan kegiatan widyawisata. Para tamu dan undangan akan diajak untuk berwisata ke Mandeh, di Pesisir Selatan dan ke Bukittinggi,” jelas Sekrerataris Daerah Provinsi Sumbar tersebut.

Dijelaskannya,  pada HKG-PKK tingkat nasional  tahun 2019 pada 24 Juli sampai 27 Juli 2019  yang dipusatkan di lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol tersebut , tak hanya sejumlah pejabat penting dari kabupaten/kota, provinsi, dan nasional yang hadir di Sumbar, diperkirakan undangan yang datang sekitar 5000 pengurus PKK se Indonesia ikut hadir.

“Kegiatan merupakan event nasional dari Ketua Tim Penggerak PKK, Buk Nevi Zuairina Irwan Prayitno, Karena ini iven nasional, tentunya akan banyak orang yang hadir ke Sumbar. Dan kegiatan ini tentunya akan berdampak terhadap promosi wisata dan  perekonomian UKM masyarakat kita dari ribuan peserta yang hadir,” ungkapnya.

Sementara itu, terpisah Ketua I HKG-PKK nasional 2019, Ny Nevi Zuairina menyebutkan  dalam persiapan kegiatan berskala nasional ini berbagai rapat persiapan telah dilakukan. Diantaranya pada 22 Januari dan 29 Januari lalu di Jakarta yang  juga dihadiri Ketua PKK pusat, Istri Mendagri, dan Kepala Dinas PMD Sumbar .

“Penetapan Sumbar sebagai tuan rumah pelaksanaan peringatan HKG-PKK nasional ke 47 tahun 2019 telah ditetapkan  sejak 13 Juli 2017 berdasarkan surat Kemendagri nomor : 411.4/3169/SJ ,” terangnya.

Ditambahkannya,  pada rapat di Ditjen Bina Pemdes bersama TP-PKK pusat yang dilaksanakan pada 22 Januari kemarin, berbagai rangkaian kegiatan untuk dilaksanakan sejak tanggal 24 sampai 27 Juli tersebut. Diharapkan kegiatan peringatan HKG-PKK nasional bertujuan untuk semakin memasyarakatkan gerakan PKK ini dapat berjalan dengan lancar.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk  memperkenalkan dan mempromosikan berbagai seni kerajinan PKK, makanan khas Sumbar, sehingga ikut berdampak terhadap meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan kegiatan ini diharapkan tim penggerak PKK dan kader PKK dapat aktif dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,” pungkas Nevi Zuairina Ketua TP PPK Sumbar.(rel/st)

 
Top