PADANG --- Pada awal tahun 2019, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-73 yang mengambil tema "Jaga
Kebersamaan Umat".

Upacara Hari Amal Bakti ini diselenggarakan di lapangan Imam Bonjol Padang, Kamis (3/1/2019), turut hadir mendampingi Irwan Prayitno Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat H. Hendri, S.Ag, M.Pd.

Dalam rangkaian upacara HAB Gubernur Sumbar membacakan sambutan tertulis dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan sekaligus memberikan penghargaan satya lencana 10, 20 dan 30 tahun kepada pegawai Kemenag sumbar dan guru-guru madrasyah serta memberikan penghargaan penulis buku di lingkungan Kemenag sumbar.

Selanjutnya gubernur sumbar juga menyampaikan dalam wawancaranya bersama media, bahwa telah banyak terjadi bencana di Indonesia, untuk itu sebagai umat beragama marilah kita membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak dari peristiwa alam di beberapa wilayah, seperti di Lombok, Palu, Banten dan Lampung.

"Saat ini negara kita pada tahun 2019 ini merupakan tahun politik, saya mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kerukunan umat, menjaga sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, karena kita satu bangsa yang satu tujuan agar bangsa ini damai, aman dan tentram," kata Irwan Prayitno.

"Janganlah kita saling ujaran kebencian, menyebarkan fitnah, marilah kita hindari itu semua," ajak Irwan Prayitno.

Sebagai peserta upacara tersebut dihadiri oleh seluruh ASN Kementerian Agama, guru-guru Madrasyah dan MTsN Kabupaten dan Kota se Sumbar, diperkirakan sebanyak 1500 peserta upacara.
 
Top