Padang,Lintas Media News
Presiden Indonesia yang diwakili Menko Perekonomian Dr.Ir.Airlangga Hartarto  secara Zoom dengan resmi membuka  Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tahun 2023 pada 10-15 Juni  2023 di Lanud Sutan Syahrir ,Padang Sumatera Barat.

Menko mengatakan.Kehadiran pemerintah mendukung sektor pertanian, merupakan komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Pemerintah telah membangun infrastruktur penengah untuk pemyediaan air,sarana transportasi  agar logistitik harus bisa  bersaing dan kompetitif.

Menurut Menko,Pemanfaatan kualitas unggul yang adaptif terhadap perubahan iklim dan penerapan pertanian cerdas,pemberian KUR  oleh Perbankan yang tahun ini aggarannya Rp 450 Triliun. Menteri  Pertanian silahkan menggunakan sebanyak banyaknya plafon anggaran untuk kebutuhan petani dan nelayan.

Indonesia telah membuktikan kepada dunia,bahwa dengan kerjasama antara Petani,nelayan dan pemerintah kita berhasil mengatasi masalah krisis pangan global dengan potensi dan kearifan lokal. Kita berhasil mengantisipasi dan mengambil langkah konkrit untuk kebutuhan pangan nasional,jelas Airlangga Hartarto.

Ketegangan politik di berbagai negara dan kekhawatiran  perubahan iklim  dan akan  terjadinya krisis pangan mengncam seluruh dunia. Dan kita  dapat atasi dengan upaya yang sangat baik oleh petani nelayan terbaik putra bangsa kita Semua kita lakukan dengan mengantisipasi dengan peningkatan produksi dan memastikan konsumsi pangan serta mengenalkan pangan ke negara lain sebagai komoditas ekspor,jelas Menko.

Menteri Pertanian Dr.H Syahrul Yasin Limpo,Msi,MH dalam sambutanya mengatakan, kebanggaan yang besar kepada Pentani dan nelayan yang menjadi bantalan perekonimian Indonesia saat Covid melanda.
Pemerintah terus berupaya agar kesejahteraan petani ( Nilai tukar petani )terus dapat meningkat.Meningkatkan sektor pertanian jangan hanya mengandalkan APBN tapi juga dengan menggunakan KUR. Program KUR merupakan program pemerintah yang dapat pengakuan dunia.Ujar Syahrul.

Sementara, Guberur Sumbar H. Mahyeldi Ansyarullah dalam sambutannya menyatakan bahwa Sumbar merasa bangga dengan kepercayaan yang diberikan pemerintah untuk menyelenggarakan Penas Tani Nelayan XVI,2023 ini.

 " Kita berharap  paada Penas Tani Nelayn XVI ini akan lahir berbagai inovasi dan teknologi dalam pengembangan sektor pertanian, serta pendampingan terhadap petani pemula",ujar Mahyeldi.

Petani dan Nelayan makmur, Indonesia pasti maju. Maka dari itu mari kita satukan tekad, untuk menjadikan lndonesia sebagai lumbung pangan dunia tahun 2045,tambah Mahyeldi.

Penas KTNA XVI tahun 2023 memang luar biasa,dengan dihadiri 28.000 Petani dan nelayan se Indonesia, serta sejumlah Menteri dan 14 Gubernur,15 Wagub serta   260 Bupati / Walikota se Indonesia dan juga hadir mitra -mitra petani.   Tani  Nelayan  XVI    tahun 2023.(lmn/St)

 
Top