LamTim, Lintas Media News

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur, saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya acara ini. 

Semoga melalui acara ini, tercipta komitmen dari sejumlah pihak yang hadir, dalam menanggulangi permasalahan stunting secara bersama, serta program yang telah dirancang, dapat direalisasikan dengan baik.

Hal tersebut di sampaikan langsung  Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo saat memberi sambutan dalam acara Rembuk Stunting Kabupaten Lampung Timur Tahun 2022. Senin (29/08/2022).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo, Wabup Lamtim Azwar Hadi, Ketua TP PKK Kab Lamtim Ny Yusbariah, Kapolres Lamtim, Kajari Lamtim, Dandim 0429, Kepala OPD, dan para Camat.   

Perlu kita ketahui bersama, persoalan stunting telah menjadi agenda Pembangunan Nasional. Dalam hal ini, Kabupaten Lampung Timur menjadi salahsatu Kabupaten Lokus (Lokasi Fokus) Prioritas, dari seluruh Lokus yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Pusat.

Stunting tidak hanya mengenai pertumbuhan anak yang terlambat, namun juga berkaitan dengan perkembangan otak yang kurang maksimal. Selain itu, pola pengasuhan yang kurang baik, serta rendahnya akses terhadap air minum dan sanitasi yang layak, dapat menyebabkan kemampuan mental dan belajar yang dibawah rata-rata, sehingga berdampak pada prestasi sekolah yang buruk.

Secara Nasional, Prevalensi Stunting menurun dari 37,2 persen menjadi 24,4 persen pada tahun 2021, dengan didasarkan menurut WHO, bahwa batasan stunting suatu wilayah sebesar 20 persen.

Sedangkan Prevalensi Stunting di Kabupaten Lampung Timur, mengalami penurunan yang signifikan dari 26,4 persen pada tahun 2019, turun menjadi 15,3 persen pada tahun 2021. Untuk itu, kita patut bersyukur, dimana capaian ini terbaik kedua di tingkat Provinsi. Selanjutnya kita harapkan, semoga pada pendataan yang sedang dilakukan Kementerian Kesehatan saat ini, Prevalensi Stunting kita akan kembali menurun. “ucap Dawam.

Untuk melaksanakan Percepatan Penanganan Stunting sesuai yang diamanatkan, harus dibentuk Tim Percepatan Penanggulangan Stunting. (Yudi)
 
Top