Dharmasraya, Lintas Media News.com  -  Disaat peresmian berapa waktu lalu, Pesentren Lanjut Usia (Lansia) yang diselenggarakan di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Koto Tuo Nagari Siguntur Kecamatan Sitiung, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, 
mengatakan, Lembaga Kesejahteraan Lanjut Usia (LKLU) dimintai untuk segera membuka kelompok pemberdayaan lansia di setiap Nagari.

"LKLU diminta segera membuka kelompok pemberdayaan lansia di setiap nagari", pintak Bupati. 

Pihaknya mengatakan, LKLU Jangan berhenti pada 11 kelompok pemberdayaan lansia yang sudah aktif ini saja, bupati mengharapkan, lembaga tersebut segerah dibentuk di 52 nagari di bumi Ranah Cati Nantigo ini, tegasnya.


Merespon permintaan ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), LKLU kabupaten Dharmasraya yang di pimpin Yeni Sisri bersama anggota timnya, langsung berkoordinasi dengan Dinas Sosial  dan Badan Keuangan Daerah (BKD).

Ketua LKLU mengatakan kepada media ini, Sabtu 23-04-2022, di pulau Punjung, dari hasil pertemuan dengan BKD, pihak badan keuangan Daerah sangat merespon dengan baik, pihaknya mengusulkan bentuk lah suatu lembaga di Nagri yang eskanya ditandatangani walinagari menirukan ucapan pihak BKD tersebut, imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan Yenisisri SH, lembaga akan didirikan itu disetiap Nagari tersebut antara lain boleh, Pesentren Lansia, Sekolah Lansia, Wirid Lansia, Senaam lansia atau TPQ Lansia dan kelompok tersebut memiliki pengurus dan eskanya  dikeluarkan oleh pemerintah nagari, sebut Yeni Sisri.

"Bentuklah kelompok untuk para lansia, apapun jenis namanya, boleh Pesentren lansia, sekolah Lansia, Senam lansia, yang telah memiliki pengurus tetap " tutup Ketua LKLU.(Elda)
 
Top