Dharmasraya, Lintas Media News

Pemkab Dharmasraya mengikuti Rapat Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVI tahun 2022. Rapat yang dilakukan secara virtual bersama Presiden RI dan Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah yang dilaksanakan di Ruang Aula Rumah Dinas Bupati Dharmasraya, Senin (25/04/22).

Rapat virtual tersebut dihadiri oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua DPRD Dharmasraya, Paryanto, Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah,  Kajari Dharmasraya,  M Haris Hasbullah, Sekda Dharmasraya, Adlisman, serta utusan Dandim 0310/SSD. 

Dalam sambutan Kemendagri, Tito Karnavian, yang diwakili Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro menuturkan, semangat otonomi daerah dengan mewujudkan ASN yang proaktif.  “Kita perlu melakukan refleksi sejenak guna memahami kembali esensi filosofis dari diterapkannya otonomi daerah yang saat ini telah berusia 26 tahun,“ ujar Suhajar Diantoro.

Katanya lagi, tujuan dari pelaksanaan otonomi daerah yaitu mendelegasikan sebagian kewenangan dan sebagian urusan pemerintahan. Paling terpenting adalah menjadikan daerah untuk mencapai kemandirian Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP). Dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang bisa memberikan efek peningkatan kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga dapat mempercepat serta terjadinya pemerataan pembangunan.

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada daerah otonomi baru yang sudah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan viscal. Dengan adanya peningkatan tersebut diharapkannya dapat dimanfaatkan untuk program pembangunan dan kesejahteraan rakyat. Dan kepada daerah yang masih rendah PAD-nya agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali beberapa potensi yang ada, sehingga dapat meningkatkan PAD nantinya.

Sementara itu, menurut Bupati bahwa rapat tersebut adalah memperingati Hari Otonomi Daerah ke XXVI, sekaligus Launching Sistem Informasi LPPD. Selain itu ada arahan dari Kemendagri kepada seluruh ASN untuk mengantisipasi melonjaknya Covid-19. “Dalam rapat tersebut juga ada arahan dari Kemendagri kepada ASN untuk dapat mengantisipasi melonjaknya Covid-19, ” pungkas Bupati. (elda)
 
Top