Dharmasraya,Lintas Media News.com,  – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan melantik 338 anggota Badan Permusyawaratan (Bamus) nagari se-Kabupaten Dharmasraya masa bhakti 2022-2028. Peresmian dan Pelantikan ini merupakan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa, yang telah diturunkan dengan Peraturan Bupati Dharmasraya Nomor 37 tahun 2021 tentang Badan Permusyawaratan Nagari. Pelantikan ini dilaksanakan di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, Selasa, (19/4/22).

Bupati juga meminta kepada yang sudah dilantik untuk dapat melakukan rapat khusus untuk membentuk Kelembagaan Bamus Nagari paling lambat tujuh hari sejak tanggal pelantikan hari ini, yang dipimpin pertama kali oleh anggota tertua dan dibantu oleh anggota termuda. 

“Selamat kepada saudara-saudara yang telah dilantik pada hari ini, dan insya Allah pelantikan ini diridohi oleh Allad swt. Dan saya atas nama Pemerintah Kabupaten Dharmasraya mengucapkan selamat kepada saudara semua yang ada disini, karena telah terpilih menjadi anggota Bamus nagari di wilayah pemilihan saudara. Selanjutnya tugas berat sudah menanti anda, silakan bersinergi dengan pemerintahan nagari melakukan pengawasan dan partisipatif dalam pembangunan nagari sehingga pembangunan tersebut betul-betul bermanfaat untuk masyarakat,” ungkap Bupati.

Bupati juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua Panitia Pemilihan Bamus Nagari, bersama anggota yang sudah melaksanakan tahapan pemilihan Bamus Nagari. Mulai dari pembagian wilayah, pemilihan bamus nagari, melaksanakan kegiatan penjaringan dan penyaringan bakal calon Bamus sampai dengan menyampaikan hasil pemilihan kepada kami melalui camat. 

“Bukanlah pekerjaan yang mudah untuk menyelesaikan seluruh tugas yang telah diembankan. Oleh karena itu kami memberikan apresiasi terhadap saudara yang telah sukses menghantarkan kegiatan pemilihan Bamus Nagari. Semoga Allah membalas kebaikan dan keihlasan saudara dalam bekerja dengan amal ibadah yang berlipat ganda,” jelas Bupati.

Bupati juga menggungkapkan bahwa kurang enam bulan lagi, tepatnya tanggal 20 Oktober 022 mendatang akan dilakukan pemilihan Wali Nagari serentak untuk 43 nagari se-Kabupaten Dharmasraya. Tugas berat menanti. Bagaimana mensukseskan kegiatan tersebut, mulai dari melakukan pembentukan panitia pemilihan Wali Nagari sampai melaporkan hasilnya nanti. 

“Saudara harus mampu memantau dan menyelesaikan persoalan-persoalan bersifat non teknis yang mungkin muncul di  lapangan . Seperti keamanan dan kenyamanan pesta demokrasi di tingkat nagari. Kami yakin saudara mampu berbuat dan mengatasi persoalan itu semua, karena saudara adalah orang pilihan di tengah-tengah masyarakat,” harap Bupati lagi.

Sedangkan yang turut serta menghadiri acara Hadir, Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto, Kapolres, Nurhadiansyah, perwakilan dandim 0310/SSD, Kepala Kejaksaan Negeri Dharmasraya, Asisten, Staf Ahli, Camat, Kepala OPD terkait, dan Wali Nagari se-Dharmasraya. (elda)
 
Top