Kepala Divisi UPZ Nasional Baznas RI, Mohan (dua dari kanan) didampingi Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang, Muhammad Arif (paling kanan), menyerahkan bantuan Operasional Sekolah untuk MIS Nurul Hidayah dan MTs Lubuk Kilangan, pada acara peresmian MIS Nurul Hidayah Batu Gadang, Kamis (24/3/2022)

PADANG.Lintas Media News.
Komitmen Unit Pengumpul (UPZ) Baznas PT Semen Padang untuk membantu kelangsungan pendidikan tidak pernah surut. Pada tahun ini, lembaga tersebut menyalurkan anggaran sebesar Rp570 juta untuk mendukung operasional dua sekolah gratis di lingkungan PT Semen Padang.

Dua sekolah gratis yang mendapat bantuan operasional dari UPZ Baznas PT Semen Padang itu masing-masing, Madrasah Tsanawiyah (MTs)  Lubuk Kilangan, sebesar Rp450 juta, dan Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Permata/Nurul Hidayah sebesar Rp120 juta.

Bantuan operasional untuk dua sekolah agama gratis  tersebut diserahkan oleh Kepala Divisi UPZ Nasional Baznas RI, Mohan, saat acara peresmian MIS Permata/Nurul Hidayah di Simpang Sako, Kelurahan Batu Gadang, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Kamis (24/3/2022).  

Hadir pada acara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Padang, Edy Oktaviandi, Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang Muhammad Arif bersama staf, Kepala KUA Lubuk Kilangan Aprizal, kepala madrasah dan para majelis guru MIS Permata/Nurul Hidayah, perwakilan MTs Luki, serta sejumlah tamu undangan dan tokoh masyarakat Kelurahan Batu Gadang.

"Kami apresiasi UPZ Semen Padang, karena penyaluran bantuan pendidikan oleh UPZ ini sejalan dengan program di Baznas RI, yaitu satu keluarga satu sarjana," kata 
Kepala Divisi UPZ Nasional Baznas RI, Mohan.


Ia menyampaikan bahwa Baznas RI akan terus mendorong UPZ Baznas Semen Padang dalam mendukung program pendidikan, khususnya di MTs Luki dan MIs Permata/Nurul Hidayah yang merupakan sekolah gratis binaan UPZ Baznas Semen Padang bernuansa Islami.

Hal itu perlu didorong, karena menurutnya negara ini butuh agama sebagai inspirasi untuk tegaknnya keadilan dan tegaknya keamanan bagi semua rakyat Indonesia. Mudah-mudahan dari MIs Nurul Hidayah dan MTs Lubuk Kilangan ini, lehirlah generasi pemimpin masa depan yang religius.

"Ini lah harapan kami di Baznas RI dan tentunya juga harapan kita bersama. Semoga dari MIS dan MTs yang dibantu UPZ Semen Padang, akan lahir tokoh-tokoh yang menginspirasi umat, dan tokoh-tokoh pejabat di tingkat daerah dan nasional," ujarnya. 

Kemudian kepada para guru di MIS Nurul Hidayah dan MTs Lubuk Kilangan, Mohan juga berharap untuk terus memberikan yang terbaik untuk anak didiknya, dan teruslah berbuat ikhlas agar meraih keberkahan dari Allah Swt.

"Ini saya sampaikan, karena memang kita ketahui bersama, bahwa tidak semuanya guru berstatus PNS. Banyak Guru non PNS yang mendapatkan gaji atau honor tidak layak untuk kebutuhan hidup. Tapi, balik pada niatnya untuk menjadi guru," katanya. 

"Kalau niatnya mencari ridho Allah SWT, maka akan meraih keberkahan di dunia dan akhirat. Sudah banyak contohnya, di Jakarta, guru ngaji dengan honor Rp500-Rp1 juta, tapi anak-anak mereka lulusan S3. Ini lah yang disebut keberkahan dari Allah Swt," imbuhnya. 


Secara terpisah, Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Oktoweri berterima kasih kepada UPZ Semen Padang yang telah menyalurkan zakat karyawan Semen Padang kepada dua lembaga pendidikan gratis tersebut. "Kami apresiasi UPZ Baznas PT Semen Padang yang telah menyalurkan zakat kepada penerima manfaat secara tepat sasaran, terarah dan terukur," kata Oktoweri.  

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua karyawan yang dipotongkan zakatnya dan difasilitasi perusahaan.


Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang, Muhammad Arif menyampaikan bahwa bantuan untuk MIS Nurul Hidayah dan MTs Lubuk Kilangan ini merupakan bagian dari program zakat yang dimiliki UPZ Baznas Semen Padang. Salah satunya, adalah program Peduli Pendidikan.

Pada program Peduli Pendidikan tersebut, juga ada di dalam programnya beberapa program kerja, yaitu beasiswa rutin untuk fakir dan dhuafa mulai tingkat SD sampai Perguruan Tinggi, program tunggakan pendidikan bagi orangtua yang tidak bisa melunasi uang sekolah anaknya. 

Kemudian, bantuan beasiswa untuk masuk sekolah ke jenjang lebih tinggi, dan bantuan operasional sekolah. "Nah, yang kami serahkan untuk MIS Nurul Hidayah dan MTs Lubuk Kilangan hari ini merupakan bagian dari bantuan operasional sekolah," kata Muhammad Arif. 

Bantuan operasional untuk MIS Nurul Hidayah dan MTs Lubuk Kilangan, kata Muhammad Arif melanjutkan, merupakan bantuan rutin yang disalurkan UPZ Baznas Semen Padang sejak tahun 2018, atau sejak kedua sekolah itu didirikan.

UPZ Baznas Semen Padang perlu mendukung operasional kedua sekolah tersebut, karena kedua sekolah itu memiliki visi dan misi untuk menyelamatkan generasi sekarang ini dari akidah dan akhlak yang tidak sesuai dengan akidah Islam. 

"Seperti kita ketahui bersama bahwa kampanye keburukan itu tidak hanya dijalanan, tapi juga sampai ke pintu-pintu rumah kita sendiri. Makanya dengan pendidikan akhlak sejak dini, menjadi harapan bagi kita bersama agar generasi yang akan datang menjadi generasi religius," ungkap Arif.

Kepala MIs Nurul Hidayah, Ratina, S.Pd.I mengucapkan terima kasih kepad UPZ Baznas Semen Padang yang terus komitmen menyalurkan bantuan operasional MIS Nurul Hidayah. Dan tentunya, bantuan tersebut bermanfaat bagi MIS Nurul Hidayah dalam dalam mewujudkan visi dan misi 

MIS Nurul Hidayah  mempunyai visi terwujudnya pendidikan berkualitas, beriman dan bertakwa. Sedangkan misi-nya, mendidik generasi akidah. Makanya setiap hari sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, para siswa wajib untuk Salat Dhua.

"Selain wajib Salat Dhuha, kami juga punya program tahfidz Qur'an. Pada saat peresmian MIS Nurul Hidayah yang berlangsung hari ini, kami pun juga mentahfidzkan 10 orang siswa kami dalam wisuda tahfidz Quran 1 juz, yaitu juz 30," katanya.(*)
 
Top