Bengkalis, Lintas Media News

Dalam rangka percepatan penataan birokrasi, mewakili Bupati Kasmarni, Sekretaris Daerah H Bustami HY lantik 330 Pejabat Struktural menjadi Pejabat Fungsional dilingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Jumat (31/12/21) di Balai Kerapatan Wisma Daerah.

Penyetaraan jabatan ini merupakan wujud kepatuhan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, sesuai dengan Permenpan RB nomor 17 tahun 2021, Permenpan RB nomor 25 tahun 2021, serta Surat Mendagri nomor 800/8560/otda, tanggal 27 Desember 2021.

Dikatakan Bustami dalam sambutan, pelaksanaan penyetaraan jabatan ini memiliki manfaat besar, guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, sekaligus mewujudkan sistem kerja yang lebih cepat dan profesional.

"Pejabat Fungsional yang diberikan amanah, harus mampu menjadi PNS yang berkompetensi, berkinerja, produktivitas yang tinggi, berintegritas dan selalu berinovasi serta mengedepankan kualitas pelayanan publik," tegas Sekretaris Daerah.

Bustami menjelaskan, khusus untuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, jabatan yang disetarakan termasuk Pejabat Administrator atau Kepala Bidang.

Makanya, sambung Bustami, bagi saudara-saudari Pejabat Eselon III yang disetarakan ke Fungsional, akan diberikan tugas tambahan sebagai koordinator, dan Pejabat Eselon IV yang disetarakan ke fungsional akan diberikan tugas tambahan sebagai subkoordinator di lingkungan kerjanya. 

Agar ada loncatan yang signifikan dalam memajukan daerah, Sekretaris Daerah tersebut menegaskan akan selalu menilai dan mengawasi kinerja pejabat yang baru dilantik. Prestasi kerja pejabat akan dijadikan bahan evaluasi.

Tak lupa, Bustami juga memotivasi para pejabat. Bapak Ibu harus punya Progres, jika rajin, bisa 3 kali setahun naik pangkatnya. Tetapi jika selama 5 tahun tidak ada progres dan belum memenuhi penilaian maka pangkat dapat diturunkan menjadi staf biasa.

Turut hadir, Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Alfakhrurrazy, Kepala Badan Kegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Djamaluddin, Kepala Kantor Kementerian Agama H Khaidir, Kepala Disdukcapil H Ismail, Kadis PMD Yuhelmi, dan Kadis Sosial Hj Martini. (indra)

 
Top