Oleh :  
BUDI DHARMAWAN  S.Pd. MT
Kepala SMK Negeri  l  Batipuh
Batipuh, Lintas Media News

Dunia Pendidikan di Era Globalisasi yang mengacu pada Era Digitalisasi saat ini, untuk itu perlu Teknologi Komputerisasi yang berperan penting pada saat Pandemi ini. Sebagai solusi dalam menjalankan prokes, baik di Lembaga atau perorangan  melakukan  aktifitas dengan cara konvensional.

Demikian disampaikan Kepala SMK Negeri  l  Batipuh BUDI DHARMAWAN  S.Pd. MT, pada Lintas Media News kemaren di ruangan kerjanya.

Menurut Budi Dharmawan, SMK Negeri l Batipuh memberikan aplikasi kepada siswa dan guru untuk mempermudah pengambilan absensi pembelajaran dan penginputan secara Aplikasi. 

Dengan nama nya Aplikasi  Me School  Berbasis Android di SMK Negeri l Batipuh. Hadir penelitian menunjukkan  bahwa aplikasi Android  yang dikembangkan  dengan mengintegrasikan Website  SMK Negeri l Batipuh layak dan dapat digunakan untuk menunjang pemberian layanan  informasi pada guru dan siswa dalam Absen dan penilaian.

Pengembangan Aplikasi Me School merupakan perkembangan dan program Tim IT pada saat pandemi Covid 19 yang ada  di Sekolah SMK Negeri l Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Program yang dikembangkan ialah aplikasi absensi dan penilaian siswa berbasis android, yang mana pada program tersebut setelah penulis melakukan observasi dan wawancara langsung kepada guru dan siswa terdapat beberapa kelemahan dan kekhawatiran dengan menggunakan system absensi secara konventional karena tidak terhindarkan akan penularan Covid 19 dan system penilaian secara manual banyak terjadi kesalahan dalam penulisan. Serta pengumpulan nilai yang sering terlambat. Berdasarkan hal diatas  maka dengan inisiatif dan dukungan Kepala Sekolah maka Tim IT SMK Negeri l Batipuh mengadakan terobosan yang digitalisasi dalam proses absensi dan penilaian.

Dengan adanya proses digitalisasi penggunaan aplikasi Me School pengambilan absensi terkoneksi dengan server yang akan merekap kehadiran dan pembukaan kelas dalam proses pembelajaran. Sistem penilaian digital pada aplikasi Me School guru menginput nilai bisa kapan pun dan dimanapun dan terkoneksi dengan server yang akan merekap dan menjadi  hasil belajar siswa siswi SMK Negeri l Batipuh. 

Pembuatan Aplikasi Me- School di dasari pada keprihatinan dan keresahan akan kedisiplinan Majelis guru dan pegawai SMK Negeri l Batipuh  terhadap kehadiran di Sekolah  dalam proses pembelajaran. Terutama pada masa pandemi dan kedisiplinan akan mengumpulkan nilai  ulangan harian, evaluasi tengah semester dan evaluasi  semesteran.

Pada masa sebelum pandemi absensi dan pengumpulan nilai dilakukan secara manual dengan tanda tangan menggunakan blangko absensi dan blangko nilai. Sehingga, banyak kelemahan sering di rapel dan keterlambatan pengumpulan nilai. Pada masa pandemi proses pembelajaran dilaksanakan  pembelajaran daring online pengambilan absensi dan nilai dilakukan melalui digital google form tapi, mempunyai kelemahan yaitu proses tidak terinventaris secara pelaksanaan pembelajaran dan pengumpulan nilai yang masih manual 

Pada masa Pandemi Covid -19  dan protokol Kesehatan (Prokes)  menjadi prioritas utama yang harus menjadi perhatian tidak boleh menimbulkan kerumunan dan penggunaan alat secara bersama setelah pembelajaran diizinkan di mulai dengan aturan covid 19, maka absensi dan pengumpulan nilai harus memenuhi protokol kesehatan tersebut. Maka ide pembuatan aplikasi Me School sebagai solusinya berbasis digital murni dan berbasis android HP masing-masing dengan tag lokasi sekitar Sekolah.

Keunggulan Aplikasi Me - School, merupakan proses digitalisasi SMK Negeri l Batipuh dalam rangka mewujudkan SMK Digital dan membawa perubahan kepada majelis guru dan pegawai tentang penggunaan aplikasi, mempunyai keunggulan dalam proses absensi dan system penilaian berbasis digital android, yaitu :

  • Guru dan pegawai melakukan absensi dengan system digital 
  • Guru dan pegawai melakukan absensi tanpa harus berkerumun (jaga jarak)
  • Guru dan pegawai melakukan absensibisa dimanapun dalam radius lingkungan SMK
  • Guru dan pegawai melakukan absensi  tanpa menggunakan alat secara bersama
  • Guru dan Pegawai melakukan absensi terkontrol dari segi ketepatan dalam pengambilan absensi
  • Guru dan pegawai bisa membuka kehadiran dalam kelas saat proses pembelajaran
  • Guru dan Pegawai bila ada halangan tidak maduk bisa mengajukan izin dengan mengupload  surat atau foto lokasi yang akan disetujui oleh Kepala Sekolah
  • Guru dan Pegawai bila ada tugas Dinas  luar bisa mengupload lokasi Dinas luar dan surat tugas yang akan disetujui oleh Kepala Sekolah
  • Rekap Absensi bisa terekam dalam server data base tidak akan kehilangan absensi
  • Rekap absensi bisa di evaluasi setiap saat
  • Kepala Sekolah bisa melakukan pengawasan setiap saat atas kehadiran guru dan pegawai termasuk yang terlambat
  • Kepala Sekolah bisa memberikan peringatan akan kehadiran dan ketepatan pembukaan kelas pembelajaran
  • Kepala Sekolah mengadakan pengawasan keterlaksanaan prosed pembelajaran setiap guru dari ketepatan masuk kelas
  • Siswa dapat diambil absensi oleh guru dengan cara mengambil absensi yang tidak masuk dan siswa yang terlambat, lebih efektif dan efesien waktu pengambilan absensi
  • Siswa dapat mengambil absensi sendiri pada aplikasi Me - School absensi melalui androidnya
  • Siswa dapat mengambil absensi sholat berjamaah yang wajib dilakukan

Ke unggulan aplikasi Me - School dengan System  Penilaian. Adalah :  

  • Penginputan nilai bisa di lakukan dimana sajs dan kapan saja server 24 jam
  • Penginputan nilai di lakukan oleh guru mata pelajaran masing-masing
  • Penginputan nilai setiap tahapan dibatasi sehingga kedisiplinan menginput nilai bisa terkontrol 
  • Penginputan nilai kecil terjadi kesalahan input karena dilakukan oleh guru sendiri
  • Bila ada kesalahan input, guru mata pelajaran bisa mengeditnya sendiri
  • Siswa dapat melihat nilainya sendiri pada aplikasi setiap mata pelajaran tanpa bisa merubahnya 
  • Kepsek bisa mengontrol nilai yang masuk dan ketepatan nilai masuk
  • Kepsek bisa melakukan pengontrolan kualitas nilai yang masuk
  • Kepsek memberikan peringatan bila penginputan nilai mata pelajaran merugikan siswa tersebut
  • Rekap nilai bisa di keluarkan dari  data base kapan pun
  • Rekap nilai yang masuk sudah menjadi leger
  • Nilai yang masuk bisa langsung di print menjadi e-rapor.
Dampak kepraktisan Me School  selalu di awasi dan diadakan monitoring  kepraktisan setiap warga sekolah baik kepraktisan dalam absensi guru, pegawai dan siswa maupun kepraktisan dalam penginputan nilai. Berdasarkan analisa survey kepraktisan psda setiap guru dan pegawai diperoleh angka 82, 84 % kategori sangat praktis  berarti penggunaan aplikasi bagi guru dan pegawai aplikasi membantu dalam proses administrasi absensi dan penginputan nilai.

Dampak yang dirasakan selain kepraktisan yaitu : pengawasan guru dan pegawai yang berkaitan dengan kinerja. Kepala Sekolah bisa melakukan pengawasan secara digital terdapat 2. Pengawasan menggunakan aplikasi Me- School (absensi dan penilaian) yaitu. ; 1. Pengawasan langsung  dan 2. Pengawasan tidak langsung. (*)

 
Top