Pd,Panjang.Lintas Media.News.com. 

Usai menggelar buka bersama di Rumah Dinas Wali Kota bersama tokoh masyarakat dan organisasi  yang ada di Kota Padang Panjang, Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano kembali melakukan Safari Ramadhan. Sabtu (1/5) malam, orang nomor satu di Bumi Serambi Mekah itu menyambangi Masjid Nur Taqwa yang berada di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

Di hadapan jamaah, selain membawa buah tangan untuk sekedar meribgkan beban keuangan masjid.Tim Ramadan kota memberkan bantuan untuk masjid sebesar Rp 20 juta.

Usai menyerahkan bantuan, Fadly tidak bosan bosanya menyampaikan beberapa program Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang, yang sedang berlangsung maupun yang sedang dikerjakan. Program, kesehatan asalah satunya PSC 119 dan PSC 112.

Dikatakan Fadly, Public Safety Center (PSC) 119 merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan. PSC 119 dibentuk untuk mempercepat penanganan dan pertolongan pada korban yang membutuhkan penanganan segera.

“Sebagai contoh bila ada masyarakat yang menghubungi 119, maka call center akan menanyakan di mana lokasi kejadian berada dan akan mengarahkan ambulans dari puskesmas, pos kesehatan, rumah sakit pemerintah yang paling dekat dengan lokasi kejadian,” ungkap Fadly. 

Sedangkan PSC 112, lanjut Fadly, merupakan layanan darurat kebencanaan dan kamtibmas serta kejadian darurat lain yang akan terkoneksi ke BPBD, Satpol PP dan Damkar, TNI, Polri dan lembaga lainnya. 

“Untuk PSC 112, digunakan untuk keadaan darurat bencana dan darurat lainnya, seperti kebakaran, longsor, ada gangguan kejahatan hingga kejadian hewan buas yang mengganggu di pemukiman warga, dapat di laporkan melalui nomor 112," kata wali kota muda itu.

Selain PSC, dikatakan Fadly, beberapa waktu ke depan pemko akan melauncing program beasiswa untuk putra-putri Padang Panjang yang ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah tinggi yang ada di kota Padang Panjang. 

“Bagi anak-anak kita yang ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah tinggi yang ada di Padang Panjang, pemerintah kota Padang Panjang punya program beasiswa bagi mereka terkendala biaya. Nanti, akan kita berikan beasiswa untuk bisa melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Sang Walikota, tidak hanya program untuk mahasiswa, pemko tudak lupa untuk memprogramkan, beasiswa untuk para guru yang ingin melanjutkan pendidikan S2 ke Universitas Negeri Padang (UNP).

Sejatinya, semua pr9gram diatas, untuk meningkatkan kapasitas guru-guru, dan mahasiswa. Pemerintah daerah, telah menjalin kerja sama dengan UNP. Jadi guru-guru kita nantinya bisa mendapatkan beasiswa S2 ke UNP,” ungkapnya.

Lebih jauh, Fadly Amran mengatakan, masa pandemi berlangsung pemerintah daerah, selama ini sudah mengucurkan berupa bantuan tunai, dari pusat, provinsi maupun kota. Semua bantuan tersebut, guna memulihkan dan meringankan beban warga kita yang kena dampak pandemi. Jangan, dilihat sedikit banyaknya. Tapi, jadikan bantuan untuk penyemangat hidup dalam menggapai kehidupan baru, tukuk Fafly Amran.(maisonpisano)
 
Top