Tanah Datar.Lintas Media.News.com

Setelah terhenti beberapa tahun,Pembangunan Masjid Nurul Falah Jorong Koto Tuo Nagari Panyalaian, Kecamaran X Koto, Kabupaten Tanah Datar, telah dimulai sejak akhir tahun 2018 lalu. Pembangunan tersebut merupakan target jangka panjang yang direncanakan pengurus dalam membenahi pembangunan masjid selama ibi lama terbekalai. Alhamdulillah dengan rahmat Alloh SWT., pengecoran lantai dua, masjid tersebut telah selesai, ujar Ketua Pembangunan masjid Elvi, Dt, Sidi didampingi Ketua Masjid Y. Dt. Tungga, saar bincang bincang dengan LintasMedia.News, disela sela pengecoran, Sabtu(10/3/2021)

Pembangunan Masjid Nurul Falah ini, menjadi salah satu pembangunan besar sejak awal berdiri pada tahun direnovasi beberapa tahun lalu.
Pengecoran tahap pertama lantai dua, Masjis Nurul Falah, telah dilaksanakan dengan lancar.

Luas bangunan masjid adalah 23m x 21m  dengan membutuhkan beton lima truk molen untuk mengecor lantai 2 tersebut. Di era modern, ppmaka mesin telah menggantikan sebagian pekerjaan tersebut. Dengan bantuan pompa beton yang dibawa oleh mobil proyek untuk menaikkan beton dan meratakan permukaan lantai dua masjid.

Kelanjutan, akan pembangunan masjid kededepan, sangat bergantung dari bantuan dan sumbangan warga, kaum muslimin, dan hamba Allah dikampung halaman, pengurus bersama panitia terus mengenjot melanjutkan proses pekerjaan. Artinya, mesjid megah menjadi kebangaan warga Koto Tuo ini dikerjakan dengan dukungan dana seadanya atau terbatas. Jadi, partisipasi kaum muslimin dan hamba Allah sangat dibutuhkan sekali. Lancarnya, pembangunan masjid ini kedepan, peran masyarakat baik yang dikampung maupun yang durantau sangat dibutuhkan sekali.

Karena, akan memasuki bulan suci Ramadan kita dari pengurus, terus berupaya bagaimana di Ramadhon nanti mesjid lantai II ini sudah terlantai semuanya. Besar, harapan kami dalam sebulan puasa nanti banyak terkumpul dana atau sumbangan dari masyarakat kita, ujar Dt, Sidi.

Mari kita jadikan pembangunan mesjid ini sebagai ladang amal untuk akhirat. Pembangunan rumah Allah ini,  telah lama menjadi kerinduan warga Koto Tuo, akan kehadiran sebuah mesjid megah nan indah di jorong ini, terangnya.

Ditempat yang sama, Ketua Masjid Nurul Falah, Y. Dt. Tungga menamvahkan, setelah terhenti, selama hampir tiga tahun pengerjaanya, akhir tahun 2020 lalu, panitia memulaikembali pengerjaan pembangunan lantai dua masjid yang terbengkalai. Puasa dan Ramadan tahun ini, panitia berusaha sekuat tenaga merampungkan pengerjaan pengecoran lantai dua. Takutnya, lama ditinggal terbengkalai,  akan berpengaruh pada bangunan induk masjid, pungkas Dt,Tungga.

Hal senada, dikatakan, Sekretaris Masjid Nurul Falah, F. Dt. Mangkudum, selaku panitia pembangunan masjid, kita sangat keteter sekali dengan nada kelanjutan pembangunan masjid. Artinya, dana yang tersedia di Kas panitia pembangunan masjid tersisa hanya untuk satu bulan kerja. Untuk itu, kita berusaha sempunya untuk tetap melanjukan pengerjaan lantai dua masjid yang masih terbengkalai.

Sedapat mungkin, bulan puasa pembangunan pengerjaan pengerjaan lantai dua masjid tidak terhenti hingga berakhirnya bulan ramadan. Kita berharap, pada bulan ramadan dan lebaran kelak banyak terkumpul dana dari kaum muslimin yang dirumah maupun diperantauan.

Disamping sumbangan dari perantau, kami dati panitia pembanguna masjid akan tetap betusaha mencari dana dengan menyambangi tokoh tokoh rantau yang punya rezeki lebih. Dari, beberapa tokoh rantau yang kita hubungi beliau sangat merespon niat baik panitia dengan mencarikan jalan keluar atas kesulitan yang dihadapi panitia pembangunan masjid, terkait dana pembangunan yang tidak sedikit jumlahnya, terangnya.(maisonpisano)
 
Top