Pasbar, Lintas Media News

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memberi sambutan dalam rangka kegiatan lomba adat Minangkabau, dengan tema "Adaik Lamo Pusako Usang Ma Imbau" diadakan oleh Pemuda Tabuah Gadang Saiyo (PTGS) di Jorong Tabek Sirah, Nagari Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sabtu (12/9/2020).

Kedatangan Gubernur Sumbar bersama Istri Nevi Zuairina selaku Anggota DPR RI Komisi VI, beserta rombongan disambut meriah oleh Anggota DPRD Pasaman Barat Baharudin, Pucuak Adat Nagari Talu Padlan, Walinagari Talu Refki Jufri, Ninik Mamak, Pemuda dan Tokoh Masyarakat Talu serta dimeriahkan dalam pertunjukan Tari Pasambahan.

Hal tersebut merupakan budaya tradisional Minangkabau sebagai bentuk ucapan selamat datang dan ungkapan rasa hormat kepada tamu yang baru saja sampai serta diiringi oleh musik tradisional Minangkabau seperti gandang tambua dan talempong.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan lomba adat Minangkabau yang diselenggarakan oleh PTGS adalah, lomba pidato adat dan Osong Penganten (membawa penganten), perlombaan itu merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya Minangkabau

Karena masalah budaya biasanya dilestarikan oleh para orang tua, tetapi kali ini  generasi muda ikut berpartisipasi menghidupkan budaya Minangkabau dan patut diberi apresiasi. Untuk itu para anak muda perlu perperan aktif didalam tengah bermasyarakat agar tetap mengembangkan adat budaya di Minangkabau", kata Irwan

Selajutnya, Gubernur menyebutkan acara ini luar biasa karena budaya adalah milik kita yang turun-temurun dari nenek moyang yang perlu dijaga dan dilestarikan. Sebagai dinamika kehidupan bermasyarakat akan harmonis meriah dan bergembira jadi ramai kegiatan tersebut kalau ada nilai-nilai budaya", ujar Irwan.

Selain itu, ia juga menerangkan kepada masyarakat Talu bahwa negara Indonesia berdasarkan undang-undang dasar 1945 pasal 18 B negara telah mengakui menghormati adanya adat-adat tradisi di daerah se Indonesia mempunyai adat dan budaya. Untuk itu, perlu melestarikan kehidupan kita bermasyarakat, patut diberikan apresiasi kepada Pemuda Tabuah Gadang Saiyo (PTGS) Nagari Talu," apresiasinya.

Sementara itu, Pucuak Adat Nagari Talu Padlan juga mengatakan acara adat kali ini diadakan oleh pemuda, sudah mestinya mereka siap menerima tongkat estafet, dalam melestarian adat ini. "Kalau para pemuda tidak paham adat lama-kelamaan adat dan budaya kita akan hilang", ungkap Padlan Pucuak Adat Nagari Talu.

Selanjutnya, Padlan mengucapkan terima ksih kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno  bersama istri Nevi Zuairina selaku Anggota DPR RI Komisi VI ."Dan sangat bangga telah hadir ditengah kami bersama dan juga membuka acara lomba adat Minangkabau tersebut", ucapnya. (b/hms)



 
Top