Pariaman.Lintas media News.
Walikota Pariaman, Genius Umar menyerahkan bantuan untuk KWT (Kelompok Wanita Tani) di halaman rumah dinas walikota, Kelurahan Kampung Jawa II, Kamis, 17 September 2020.

Dalam sambuyannya Genius mengatakan.Walau Pandemi covid-19 telah membuat resesi ekonomi rakyat  keterbatasan berusaha, wanita tani harus tetap berusaha dengan selalu taat dengan protokol kesehatan.

“Wabah ini masanya panjang, tapi kita semua jangan menyerah dengan kondisi ini, selagi patuh protokol kesehataan Insya Allah kita terhindar covid-19 dan usaha tani tetap dilakukan,”ujar Genius.

"Walau pandemi,wanita tani harus tetap berusaha keras untuk memastikan ketersediaan pangan.
Karena, masa wabah korona ini sangat penting memperkuat ketahanan pangan. Apalagi di tengah keterbatasan masyarakat kita, bantuan ini akan sangat bermanfaat nantinya,” ujar Genius.

Pada kesempatan itu Genius mengajak masyarakat, untuk tetap produktif dan tidak boleh larut dengan situasi yang ada, dan harus selalu aktif dan produktif.

“Dengan adanya bantuan bibit tanaman sayur dan toga berupa jahe merah yang sangat cocok untuk meningkatkan imun tubuh ini, kami berharap dalam waktu 3 sampai 6 bulan kedepan, tanaman ini sudah bisa dipanen dan menjadi konsumsi untuk KWT dan para anggotanya,” ujarnya.

Genius Umar mengatakan kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan lahan perkarangan, untuk pengembangan pangan sesuai dengan kegiatan yang ada di DP3 Kota Pariaman.
“Kami berharap tidak ada lagi lahan-lahan tidur yang tidak terurus, dimana lahan-lahan tidur ini nantinya dimanfaatkan untuk menanam bibit sayuran yang sudah dibagikan, yang gunanya nanti untuk bisa pemenuhan pangan anggota KWT,” tukasnya.

 KWT kata Genius harus menjadi garda terdepan untuk ketahanan pangan bagi keluarga dan daerah.

“Dengan terpenuhinya kebutuhan pangan dari para anggota KWT, kita berharap daerah kita dapat sebagai daerah tangguh pangan dan juga mempunyai ketahanan pangan sendiri,”ujar Genius Umar.

Kepala DP3 Kota Pariaman, Dasril mengatakan bantuan ini adalah bantuan tahap dua yang diberikan oleh Pemerintah Kota Pariaman untuk seluruh KWT di Kota Pariaman, dimana tahap pertama sebelumnya sudah dibagikan bantuan untuk 10 KWT.

“Hari ini, kita membagikan sebanyak 62 KWT lagi dari keseluruhan KWT di Kota Pariaman sebanyak 72 KWT se Kota Pariaman, yang berarti seluruh KWT untuk tahun 2020 ini mendapatkan bantuan,” tuturnya.

Masing-masing KWT diberikan berupa 8 paket bibit sayuran, seperti kacang panjang, cabe rawit, terong, tomat, jagung manis, kangkung, bayam dan cabe keriting ditambah dengan bibit toga yakni jahe merah sebanyak 15 Kg.

“Kita juga memberikan Pot tanaman sebanyak 60 buah, pupuk NPK sebanyak 31 KG dan pupuk organik sebanyak 201,37 KG, Waring Net sebanyak 1,5 ball ditambah polybag sebanyak 32 Kg, yang semuanya berasal dari DPA APBD DP3 Kota Pariaman Tahun 2020,” tutupnya. (rilis/St )
 
Top