MENTAWAI.Lintas Media News.
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abitbminta. Danlanal Letkol Laut (P) Anis Munandar untuk menjaga wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Mentawai dari pencurian ikan dan penyelundupan.

Hal itu disampaikan Nasrul Abit saat mengujungi Pulau Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai.Kemaren.

"Mentawai merupakan surga bagi wisata asing termasuk potensi perikanannya cukup bagus bagi pencari ikan. Karena itu saya meminta Danlanal beserta jajarannya untuk menjaga perairan tersebut dari pencurian ikan atau penyelundupan," kata Wagub Sumbar.

Menurutnya, Kepulauan Mentawai memiliki sumber daya alam (SDA) yang sangat potensial, terutama di sektor kelautan dan perikanan yang potensi yang luar biasa.

"Untuk itu mari kita bersama-sama menjaga perairan Mentawai. Jangan sampai kita lengah, sehingga potensial terabaikan," ucapnya.

Wagub Sumbar berharap sektor perikanan dan kelautan harus berkembang. Untuk itu hasil produk laut perlu dikembangkan agar Sumbar mampu memenuhi permintaan produksi pasar nasional bahkan ekspor.

"Dimasa kepemimpinan Irwan Prayitno dan Nasrul Abit selain sektor pertanian, kami akan terus mementingkan sektor perikanan dan kelautan, karena daerah Sumbar dikelilingi laut yang sangat luas. Untuk kesejahteraan masyarakat Mentawai," harapnya.

Pada kesempatan itu Letkol Laut (P) Anis Munandar menyatakan kesiapannya untuk menjaga keamanan perairan di sekitar wilayah kerjanya, seperti menjaga jalur lalu lintas, perdagangan dan aktifitas ilegal lainnya.

Letkol Laut Anis Munandar berharap dalam pengamanan laut mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung menjaga pengawasan dan penegakan hukum perairan laut Mentawai dari aksi, penyelundupan, pencurian ikan, penambangan liar dan pengawasan imigran ilegal.

"Kita akan tindak tegas semua pelanggar aturan di laut. Tidak ada tempat bagi pelanggar di Mentawai," kata Anis.

Untuk melaksanakan patroli di wilayah perairan Mentawai yang lebih luas, pihaknya akan didukung tim Lantamal II Padang.

"Dalam patroli kita akan akan mengutamakan menjaga keamanan perairan, mulai dari pangkal sampai ujung pulau Mentawai bagian barat Sumatera,” kata Anis Munandar.

Danlanal Mentawai mengatakan patroli ini bertujuan untuk kemajuan Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam menjaga kemanan perairan pulau terluar, seperti penanganan illegal fishing, imigrasi illegal dan penyelundupan.(rel/st)
 
Top