Sawahlunto.Lintas Media News.
Sejak ditetapkannya Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid, beberapa destinasi wisata di Sumbar mulai dibuka. Namun saat masih pemanasan, dua setengah bulan di rumah membuat orang masih merasa risih belum semua berpikiran mau kemana liburan kreasi dan juga masih belum banyak yang tahu.

Hal ini diungkap Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di sela-sela kunjungannya peninjauam 0bjek Wisata Bebas Covid 19 di Taman Margasatwa Wisata Kandih Kota Sawahlunto, Minggu (14/6/2020).

Ikut hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Sawahlunto Desri Asra, Kadis Pariwisata Sumbar Novrial, SE, Akt. MA, Plt.Kabiro Humas Setdaprov, Sekdako, Kadis Pariwisata Sawahlunto.

Gubernur Irwan Prayitno juga menyampaikan, khusus objek wisata air seperti kolam renang dan waterboom sebenarnya sudah bisa dibuka, namun masih menunggu SOP yang sedang digodok dan disepakati dinas pariwisata dengan tim ahli dengan target minggu depan semua bisa dilaksanakan.

" Untuk objek wisata yang bersifa kolam renang, tim dan dinas pariwisata sedang membahas bagaimana berwisata dikolam renang terbebas dari wabah korona. Kita berharap masyarakat yang berwisata selalu menerapkan protokol kesehatan. Insya Allah bagi masyarakat yang disiplin menjalankan protokol kesehatan akan selamat dari sebaran wabah virus corona," katanya," uiarnya.

Irwan Prayitno juga mengajak masyarakat silahkan mulai menikmati pariwisata untuk relaksasi fikiran yang  terkungkung selama PSBB, namun tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.


"Kepada pemkab/ kota dan pengelola diharapkan komitmen dan konsistensinya menerapkan SOP/ protokol sehingga penyebaran covid19 dapat diantisipasi." tegasnya.

Gubernur Irwan Prayitno juga mengajak para wisatawan berkunjung menikmati keindahan alam, kuliner, budaya dan aneka ragam bentuk hasil kerajinan.

" Ayo datang ke Sumbar menikmati indahnya destinasi wisata bebas covid. Para wisatawan sehat, penggelola wisata sehat, masyarakat produktif dan aman covid  disiplin protokol kesehatan kunci utama," seru Irwan Prayitno.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial,SE, MA, Akt.juga menyampaikan, kunjungan Gubernur Sumbar meninjau pelaksanaan pembukaan kembali objek wisata masa new normal ke kota sawahlunto (gudang ransum dan taman wisata kandih) dan kab. tanah datar (istano pagaruyung, rumah makan aroma dan hotel emersia).

" Dari peninjauan 5 objek tersebut, protokol kesehatan sudah dijalankan sesuai SOP yang disusun Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/ Kota, yaitu, pemakaian masker pengelola dan pengunjung, tempat cuci tangan permanen, pengukuran suhu dg thermo-gun, jaga jarak, manajemen jumlah pengunjung dg luas lahan, batasan jam operasional, layanan kesehatan dan tim pengawasan terpadu," ungkapnya.

Novrial juga mengatakan, dari pengamatan langsung  sudah mulia banyak pengunjung antar kota dalam sudah mulai berdatangan, dan malah beberapa wisatawan ada yang dari provinsi tetangga seperti Riau dan Sumut juga sudah menikmati objek- objek, rumah makan dan menginap di hotel- hotel yang tersedia di Sumbar.(rel/st)
 
Top