Padang,Lintas media News.
Sekretaris Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar sangat menyayangkan,Pemerintah Provinsi  (Pemprov) Sumbar tidak mengakomodir wartawan dalam bantuan covid-19.

Terhitung mulai Rabu, 22 April 2020, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Sumbar mulai diberlakukan. Mirisnya, gelontoran bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19 belum juga terealisasi.

Kondisi ini membuat HM Nurnas kesal. Apalagi dengan adanya diskriminasi terhadap masyarakat penerima bantuan dari pejabat terendah (RT).

“Jangan pikir wartawan tidak masyarakat, mereka masyarakat terdampak juga, lebih mulia lagi, wartawan itu adalah pejuang garda terdepan di tengah Covid-19 ini, mestinya harus mendapatkan bantuan juga. Pemprov dalam hal ini Dinas Sosial Sumbar jangan diskriminatif,” tegas HM Nurnas Selasa (21/4) di Padang.

Jangan bicara bagaimana cara mendata wartawan, lanjut HM Nurnas, itu bukan alasan.

“Petugas pendataan di Dinas Sosial tinggal meminta data ke ketua organisasi pers di sini. Minta ketua organisasi wartawan mendata anggotanya, siapa wartawan yang harus diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan ini,” ujar HM Nurnas dari Fraksi Partai Demokrat.

Padahal lanjut Nurnas, Dewan Pers maupun PWI Sumbar dan IWO Sumbar, mengatakan wartawan sebagai garda terdepan penyebar informasi benar dan tidak menyesatkan di tengah wabah coronavirus ini harus dibantu oleh pemerintah.

“Saya melihat, ini kebijakan diskriminasi dari Pemprov Sumbar yang abai terhadap kawan-kawan media, selagi masih ada peluang saya harap bantuan dampak penanganan dan pencegahan Covid-19 untuk wartawan diakomodir,” kata HM Nurnas.

Melihat perlakukan tidak adil itu, mengusik kepedulian Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumbar Jefri Masrul (JM ) memberikan bekal memasuki ramadhan kepada beberapa jurnalis peliput politik di DPRD dan KPU Sumbar.

“Bung Jefri Masrul berikan bekal menjelang ramadhan kepada pers peliput politik, juga untuk membeli masker standar dalam tugas meliput di saat wabah Covid-19 ini,” ungkap Koordinator FWP Sumbar Novrianto Ucok.

Jefri Masrul juga berharap wartawan untuk tetap menjaga kesehatan dalam meliput berita.

“Saya berharap kawan media mematuhi prosedur peliputan di tengah Covid-19 ini, tetap jaga jarak, hindari kerumunan, gunakan perangkat informasi teknologi untuk mencari berita,” ujar Jefri Masrul. (rel/st)


 
Top