Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Hendra Irwan Rahim melepas keberangkatan lima anggota DPRD Sumbar sebagai Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Sumbar menunaikan ibadah haji.Jumat (13/7) di di ruangan khusus II DPRD Sumbar.

Kegiatan pelepasan tersebut  dihadiri Sekretaris Dewan Raflis dan sejumlah anggota DPRD Sumbar dan juga aparatur sipil negara (ASN) sekretariat DPRD.Kelima anggota dewan yang akan berngkat tersebut adala, Darmawi, Zalman Zaunit, Yuliarman, Risnaldi dan Rahmat Saleh.

Pada kesempatan itu,Ketua DPRD Sumbar  Hendra Irwan Rahim  meminta.Anggota dewan yang bertugas sebagai TPHD untuk menunaikan amanah dengan baik. Sebagai TPHD, anggota dewan ini bertugas melakukan penilaian, pengawasan dan evaluasi terhadap penyelenggaraan haji.

"Ibadah haji harus dilakukan degan optimal. Selain itu, tugas sebagai TPHD juga harus dilaksanakan dengan baik," ujar Hendra.

Dia mengatakan penilaian yang didapat para anggota dewan sebagai TPHD itu akan menjadi bahan evaluasi untuk penyempurnaan penyelenggaran haji di Sumbar.

Penilaian ini, kata dia, salah satuya bisa berupa evaluasi terhadap persoalan yang terjadi ketika pelaksanaan haji. Bisa pula berupa keluhan para jamaah.

"Penilaian seperti ini selalu dilakukan tiap tahun. Sehingga penyelenggaraan haji bisa semakin baik," ujarnya.

Hendra juga mengatakan tim ini harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai TPHD. Selain juga harus menguasai proses dan tahapan pelaksanaan ibadah haji. Sebagai salah satu tim pemandu, TPHD memiliki tugas yang tidak kalah pentingnya dari tim pemandu haji yang lain.

"Jangan sampai tim pemandu malah dipandu atau malah minta dilayani. TPHD memiliki tanggungjawab yang sama dengan tim pemandu lain," ungkap Hendra.

Menurut Hendra, jika TPHD tidak berfungsi maksimal maka akan bisa mengganggu layanan masyarakat. Terlebih jika TPHD malah menjadi beban bagi petugas lain atau malah merepotkan jamaah. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan para jamaah haji dalam menjalankan ibadahnya. Seharusnya TPHD bisa melayani jamaah sehingga bisa melaksanakan ibadah haji secara maksimal.

"Kita harapkan para anggota dewan yang mendapatkan amanat ini bisa menjalankan dengan baik," katanya.

Selanjutnya Hendra meminta agar para anggota dewan tersebut menjaga  kesehatan selama di tanah suci. Hal ini dikarenakan kemungkinan terjadi perubahan cuaca di sana. Untuk itu, makanan dan asupan gizi yang cukup haruslah dimiliki tim dan juga semua calon jamaah haji lainnya.(st)
 
Top