DHARMASRAYA,Lintas Media News
Warga Jorong Pasar Nagari Sialang Gaung Kecamatan Koto Baru  tambal jalan raya propinsi  yang rusak dan berlobang di depan rumahnya, Rabu (3/5)

Aksi sosial perbaiki dan tambal jalan berlobang itu di apresiasi banyak warga yang melintasi jalan raya tersebut.  

Jalan raya ini dulunya merupakan satu-satunya jalan penghubung dari Propinsi Sumbar menuju Jambi sebelum jalan Lintas Sumatera dibangun

Inisiatif dan motivasi penambalan  jalan berlobang itu, menurut salah seorang warga, Mulyono (53 th) dilakukan untuk menghindari suara kaget dari kendaraan yang berlalu lalang akibat terperosok lobang, bahkan tidak jarang yang berakhir dengan kecelakaan. 

"Kadang tengah malam kita dikagetkan dengan suara motor terperosok lobang,  dan banyak juga yang mengalami kecelakaan, tapi syukur tidak terlalu fatal. Kalau perkara kerusakan motor akibat masuk lobang, sudah tidak terhitung jumlahnya," sebut Mulyana, panggilan keren pemilik warung yang persis berada di samping jalan yang rusak itu.

"Sebelum ini ada ibuk-ibuk terjatuh, patah tangannya," imbuh Mulyono yang juga ketua Pemuda suku Caniago itu.

"Untuk menghindari agar tidak terjadi kecelakaan yang lebih fatal lagi, maka kita berinisiatif memperbaiki dan menutup jalan yang berlobang ini. Seluruh material yang dibutuhkan murni swadaya masyarakat," sebut Aldeni, 

Lebih jauh beliau berharap untuk dapat kiranya jalan raya propinsi yang rata-rata telah banyak rusak dan berlobang ini diperbaiki. 

Wali Nagari Sialang Gaung, Ariyes Gunawan ketika dihubungi mengucapkan terimakasih atas partisipasi warganya memperbaiki jalan yang rusak tersebut.

Senada dengan harapan warga, beliau meminta kepada pihak terkait untuk memperhatikan jalan propinsi ini. Sebab jalan ini adalah akses utama bagi masyarakat yang bermukim di bagian dalam Dharmasraya saat bepergian menjalankan aktifitas.

"Saya ucapkan terima kasih kepada warga yang telah berpartisipasi dan memberikan sumbangan. Semangat peduli dan jiwa sosial seperti ini sangat kita butuhkan dan patut untuk dicontoh  warga lain," sebutnya 

"Untuk pihak terkait mohon sangat perhatian, sebab jalan ini adalah akses utama warga dalam menjalankan aktifitas," sebut Wali Nagari  (elda)
 
Top