Kab. Solok, Lintas Media News

Romi selaku Wali Nagari Sirukam menyampaikan Kepada Bupati Solok dan Anggota DPR RI Komisi V, bahwa kami mewakili masyarakat Nagari sirukam mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya atas bantuan pembangunan yang diberikan ke Nagari Sirukam.

Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar beserta rombongan, menghadiri acara Alek Nagari Sirukam dalam rangka syukuran dan peresmian kegiatan Infrastruktur di Nagari Sirukam Kec. Payung Sekaki. Minggu (5/2/2023).

Tampak hadir mendampingi Bupati Solok :  Anggota DPR RI komisi V Atari Gauthi Ardi,Pimpinan DPRD Kab. Solok Ivoni Munir,Asisten I Syahrial,Asisten II Deni Prihatni,Anggota DPRD Kab. Solok
Camat Se-kabupaten Solok,Perwakilan Kepala OPD,Wali Nagari Se-Kecamatan Payung Sekaki,Ketua KAN, BPN, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan Masyarakat Nagari Sirukam.

Dan juga ucapan terimakasih atas kehadiran Bupati Solok beserta rombongan dalam acara BantaiKabau Alek Nagari Sirukam, acara tersebut juga dalam rangka syukuran dan peresmian kegiatan infrastruktur di Nagari Sirukam. Dulmarno selaku Ketua KAN dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran nya, serta bersyukur atas pembangunan yang telah terealisasi di Nagari Sirukam.

Tak lupa Ia menyampaikan pesan dari tokoh masyarakat khususnya KAN, Bundo Kanduang dan Pemuda bahwa pada tahun 2023 ini, balai-balai adat akan segera di bangun di nagari sirukam, terkait dengan itu kami berharap  bangunan yang telah lama terbengkalai agar dapat segera dilaksanakan pembangunannya, dimana nantinya bangunan tersebut bisa di jadikan gedung bersama untuk KAN, BPN, Bundo kanduang maupun Pemuda Nagari.

Dilanjutkan oleh wakil Pimpinan DPRD kab. Solok Ivony Munir bahwa atas nama lembaga DPRD Kab. Solok mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupten Solok dan masyarakat Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki. Ia mengatakan bahwa DPRD dan Pemkab. Solok selalu bersinergi dalam proses pelaksanaan pembangunan di Nagari Sirukam ataupun Nagari-nagari yang lain yang ada di kabupaten solok.

Anggota DPR RI Komisi V Atari dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terima kasih ke pada seluruh masyarakat sirukam atas sambutan yang luar biasa. “Alhamdulillah, setiap tahun program saya turun ke Nagari sirukam, seperti bedah rumah, P3TGAI, Kotaku maupun perbaikan jembatan.
Ia mengatakan bahwa kabupaten solok saat ini menjadi kabupaten yang di contoh di sumbar, dimana semua lini pemerintahnya saling berkolaborasi di mulai dari DPR RI, bupati sampai DPRD, terjadi kolaborasi yang baik, sehingga banyak sekali program-program dari pusat yang bisa di bawa untuk kabupaten solok.

Atari juga mengatakan sudah banyak penghargaan yang telah di raih oleh kabupaten solok saat ini, oleh sebab itu, Ia berharap, hubungan yang baik ini bisa berjalan kedepannya dan terus berlanjut. Pada tahun 2023 ini juga akan ada banyak program yang akan masuk sperti P3TGAI, bedah rumah dan pamsimas. “Pamsimas ini merupakan program yang bagus, yaitu program air bersih untuk masyarakat”. Ia meminta kepada seluruh masyarakat agar mengawasi dan memantau jalannya program tersebut, karna dana untuk program-program tersebut merupakan dana dari APBN.

“untuk masyarakat yang sudah dapat saya ucapkan selamat, bagi yang belum dapat akan di usahakan pada tahun 2024 nanti”.

Atari juga berharap bisa terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan berkolaborasi serta Ia berharap bisa terus menjadi wakil perempuan dari sumatera barat dan membuat bangga perempuan di seluruh sumatera barat.Sanjutnya Epyardi Asda selaku bupati solok mengatakan bahwa saat ini pelaksanaan Program dan Kegiatan di kab. Solok berjalan dengan baik.

 “Saya telah mengarahkan kepada setiap Walinagari, agar setiap anggaran yang disusun di berikan untuk pemberdayaan masyarakat. Kalau anggaran nagari dulu untuk perbaikan dan pembangunan jalan serta irigasi, untuk sekarang itu tidak perlu lagi, karena pembangunan jalan dan irigasi akan di lakukan oleh pemerintah kab. Solok.
 
Kabupaten . Solok saat ini telah banyak mendapat penghargaan, walaupun baru satu setengah tahun dalam menjalankan roda pemeritahan di kab. Solok. Ia mengatakan bahwa dalam pelaksanaan  pelayanan publik, kabupaten solok mendapat penghargaan dalam hal kepatuhan standar pelayanan publik dari Ombudsman RI dari yang awalnya terbawah (merah) menjadi yang terbaik di sumbar (Hijau). Dan juga Epyardi Asda termasuk dari sembilan Bupati dari seluruh indonesia yang di undang untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan yang di adakan di singapura, dari bidang UKM juga dapat penghargaan dari Bank Indonesia perwakilan sumbar, bahwa kab. Solok menjadi kabupaten terbaik yang memperhatikan UKM nya. 

“Inilah janji dan cita-cita saya menjadikan kabupaten solok yang terbaik, mari bersama menjaga ketenangan dan perdamaian, bersama membangun nagari”.

Epyardi mengajak untuk ikhlas dalam bekerja demi masyarakat, “Ingatkan janji kami yang belum terlaksana, jangan ragu untuk melaporkan jika ada hal yang bisa kami bangun untuk nagari seperti perbaikan pasar, bantuan untuk kelompok tani, pendidikan dan kesehatan”.

Ia menyampaikan bahwa pemerintah telah menganggarkan dana sekitar 100 Milyar untuk Hot mix jalan di kabupaten solok pada tahun 2023, dimana dana tersebut berasal dari dana yang di usahakan Atari selaku anggota DPR RI komisi V, APBN dan APBD, sehingga di harapkan perekonomian bisa berjalan baik nantinya.

Acara di lanjutkan dengan sesi dialoq dengan masyarakat, dimana dalam dialoq tersebut Bupati Solok meminta masyarakat menyampaikan aspirasinya. Terdapat beberapa hal yang di sampaikan masyarakat diantaranya :Puskesmas Sirukam yang meminta ruang rawat inap yang standar karena saat ini hanya memiliki satu ruangan yang tidak standar. ekolah dasar dan SMP yang meminta perbaikan, penambahan ruang belajar, pengecoran halaman sekolah, mobiler, WC dan pagar untuk sekolah kelompok Tani yang meminta bantuan Cultivator serta pengairan untuk ladang dan sawah.untuk infrastruktur masyarakat juga meminta perbaikan jalan dan jembatan. Pokdarwis juga meminta untuk pembinaan desa wisata serta digitalisasi desa. (karta)
 
Top