Pdg Panjang.Lintas Media.News.com.

Malam ke-18 bulan Ramadhan, Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano kembali melaksanakan safari Ramadhan bersama tim dengan mengunjungi Masjid Al Ikhlas, Kelurahan Tanah Hitam, Kecamatan Padang Panjang Barat,  Kota Padang Panjang, Kamis (29/4).

Selain bersilaturahmi, kunjungan Fadly dan jajarannya itu dimanfaatkan untuk menyampaikan beberapa program pemerintah seperti program beasiswa. Kemudian Fadly juga turut menyerap aspirasi masyarakat.

Terkait  program beasiswa, Fadly menyampaikan saat ini bisa didapat guru dan calon mahasiswa di perguruan tinggi yang bekerja sama dengan pemko. Guru yang akan menempuh S2  di Universitas Negeri Padang (UNP) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. 

Kemudian bisa juga diraih bagi calon mahasiswa di Politeknik Negeri Padang, Universitas Sampoerna, Akper Nabila, Fakultas Kependidikan Universitas Muhammadiyah Sumbar, STIT Diniyyah Puteri, dan STIES Mana Wa Salwa. 

“Prosesnya, calon mahasiswa mengikuti pendaftaran di masing-masing kampus yang telah bekerja sama dengan Pemko. Dari situ pemko akan dikirimi hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru. Berdasarkan tingkatan nilai tersebut pemko memberikan beasiswa. Ada yang untuk 10, ada yang lima orang di tiap perguruan tinggi itu. Ada pula bantuan beasiswa dari Baznas,” ujarnya.

Sementara itu,  aspirasi   yang disampaikan masyarakat antara lain terkait penyaluran bantuan permodalan untuk UMKM. Hal ini dijawab langsung Kepada Dinas Perdagangan Koperasi UKM, Arpan SH. 

Arpan menyampaikan, sudah tiga kali penyaluran bantuan yang disalurkan.  Di tahun 2020 diberikan bantuan UKM sebesar  Rp 2.400.000, kemudian di akhir tahun 2020  Rp 2.000.000 bersumber dari DID.

Lalu baru-baru ini akan disalurkan bantuan dari Kementerian Koperasi UKM sebesar Rp 1.200.000. Namun pelaku UKM harus memenuhi sejumlah peryaratan yang akan diverifikasi. "Saat ini sudah 487 berkas UKM yang telah dikirim ke provinsi untuk diteruskan ke kementerian," ungkapnya. 

Warga masyarakat juga berharap pemko 
melalui Dinas Kominfo lebih memperketat jaringan internet di masjid agar tidak bisa diakses anak bermain game serta dibatasi  jaringannnya hingga jam tertentu. Hal ini, kata Fadly, akan ditindaklanjuti.

Harapan  lainnya, pengurus masjid ingin pemko bisa membantu perbaikan gerbang dan penerangan di masjid. Dan berbagai aspirasi yang menjadi catatan oleh Fadly.

Ketua Pengurus Masjid Al Ikhlas, Drs. Refli menyampaikan terima kasih atas kunjungan Wako Fadly dan rombongan. "Alhamdulillah kami mengucapkan terima kasih kepada wali kota dan rombongan tim,  semoga kehadiran dalam rangka silaturahmi meningkat di masa datang," pungkasnya.(maisonpisano)
 
Top