Padang,Lintas Media News. Memasuki awal Bulan Ramadhan 1440 H yang jatuh pada hari Senin 6 Mei 2019 ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan Apel Gabungan bagi PNS di lapangan Kantor Gubernur.

Pada Apel Gabungan tersebut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bertindak selaku pembina apel yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Nasrul Abit, Sekda Provinsi Alwis, Pejabat Eselon II dan beserta staf di jajaran Pemerintah Provinsi Sumbar.

Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutannya mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1440 H kepada PNS yang hadir, serta mengajak untuk memakmurkan Masjid,  berlaku baik dan selalu menjaga ketenteraman dalam menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan ini.

“Ramadhan adalah bulan penuh rahmat, bulan pengampunan. Perbanyaklah beramal sholeh. Berinfaq, berzakat, tadarus, perbanyak amalan sholat sunnah, membaca Al Quran, beri’tiqaf, tahajjud dan amalan lainnya. Namun sebelum itu, mari kita saling bermaafan agar tak ada ganjalan dalam menjalankan ibadah puasa” ajak Irwan Prayitno.

Menurut Gubernur, sesuai kebijakan pemerintah, jam kerja selama bulan Ramadhan masuk jam 08.00 pulang jam 15.00 dari Senin sampai Kamis dan pada Jumat pulangnya jam 15.30, dan diharapkan jangan ada pekerjaan yang terbengkalai dengan alasan puasa.

Pengurangan jam kerja merupakan bentuk toleransi agar PNS bisa pulang lebih awal dan bisa berbuka bersama keluarga, bukan berarti menjadi alasan untuk bisa bermalas-malasan, mengurangi pelayanan masyarakat.

"Meski puasa, kita harus tetap produktif, disiplin dan bersemangat, jadikan pekerjaan dalam bulan Ramadhan sebagai ladang ibadah, jangan puasa menjadi alasan membuat semangat kerja kita menjadi menurun," ujar Irwan Prayitno.

Lanjut Gubernur menyampaikan, bahwa dalam berpuasa yang paling utama adalah beri'tikaf dengan sempurna, 10 hari diakhir Ramadhan, namun apabila ada PNS ingin melakukan I'tikaf diperbolehkan asalkan pelayanan kantor tidak terganggu.

"Silahkan bagi PNS melaksanakan i'tikaf, asalkan tugas dan kewajibannya dari kantor tidak terganggu, tentu tidak ada keharusan untuk bolos atau mangkir dari kerja," kata gubernur.

Irwan Prayitno berpesan agar setiap PNS  sama-sama menjaga ukhuwah islamiah, kemudian manfaatkan waktu dibulan Ramadhan ini untuk perbanyak melakukan ibadah untuk mencapai taqwa.

Jangan jadikan alasan berpuasa menjadi lemas dan letih, sehingga tidak masuk kantor.

Diakhir sambutannya, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengucapkan "Marhaban Ya Ramadhan 1440 H" perbanyak ibadah, perkuat iman di bulan Ramadhan untuk menjadi orang-orang yang bertaqwa.

Usai pelaksanaan apel bersama dilanjutkan dengan bersalam-salaman untuk bermaaf-maafan memasuki bulan suci ramadhan yang di awali Dinas Satpol PP dan Damkar dan dilanjutkan oleh SKPD lainnya.(b)
 
Top