Penyelenggaraan penyuluhan tentang bahaya Narkoba juga merupakan sasaran non fisik TNI Manunggal Membangun Desa TMMD Ke-102 Tahun 2018. Penyuluhan diberikan kepada masyarakat Jorong Situak Barat Kecamatan Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat. Jumat (20/07)

Bertindak sebagai pemberi materi adalah Brigka Hendrik D. dari Polsek Air Bangis. Dalam kesempatan tersebut, Hendrik  menyampaikan bahwa Narkoba sangat berbahaya sehingga menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan, dampak negatif terhadap sosial budaya dan kehidupan ekonomi, dampak negatif terhadap sumber daya manusia serta sangat merusak, sehingga masyarakat harus menghindari Narkoba.

Saat ini yang perlu diwaspadai di Jorong Situak Barat selain Narkoba  juga penggunaan obat obat tanpa resep dokter diantaranya Pil PCC dan Ngelem ( hirup Lem Fox/ Aibon ). "Memang ini bukan jenis Narkoba tapi kalau di gunakan berlebihan tanpa resep dokter sangat berbahaya bagi tubuh kita", Ujar Kepala Brigka Hendrik.

"Mari kita selaku orang tua dan tenaga pendidik disekolah menyediakan banyak waktu untuk menjaga dan mendidik anak-anak kita sehingga tidak mudah terjerumus kedalam bahaya  Narkoba, kami juga disini selaku aparat akan selalu menjaga agar barang berbahaya tersebut tidak beredar dan masuk ke wilayah ini", Tambah Hendrik.

5 tips menghindari pengaruh buruk Narkoba yaitu satu berani tolak ajakan teman, kedua bekali diri dengan pengetahuan tentang Narkoba, ketiga hargai diri anda apa adanya, ke-empat kembangkan potensi diri, kelima tingkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kegiatan dihadiri oleh warga masyarakat yang berjumlah 100 orang dan terdiri dari Camat Ujung Gading,  Dandim 0305/Pasaman, Anggota Kodim 0305/Pasaman, Polsek Ujung Gading dan Air bangis,  Kepala Dusun Rojang, tokoh masyarakat, tokoh pemuda.(st)
 
Top