Dharmasraya, lintasmedianews.com - Dalam upaya meningkatkan kesertaan KB terhadap keluarga kurang mampu di Provinsi Sumatera Barat, Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya bersama dengan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat menjaring pasangan usia subur (PUS) melalui bhakti sosial KB perbatasan (Galcitas).


Pelayanan yang berlangsung pada tanggal 1 Desember 2022, dalam rangka Bhakti Sosial (Bhaksos) KB di wilayah perbatasan Kabupaten Dharmasraya dengan Kabupaten Jambi, yang dipusatkan di Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya.

Bhaksos di wilayah perbatasan ini di serbu antrian PUS pra sejahtera untuk mendapatkan pelayanan pemasangan kontrasepsi jangka panjang, seperti intera uterine device (IUD) dan Implant, galcitas ini sebagai upaya mendekatkan akses Program KB kepada keluarga wilayah perbatasan.

Pelayanan KB perbatasan ini menjaring sebanyak 70 peserta KB dengan kontrasepsi jangka panjang, terdapat sebanyak 56 Implant dan IUD sebanyak 14 . Capaian peserta sebanyak ini dapat meningkatkan kualitas program KB dengan mampu menekan kegagalan KB di tengah-tengah masyarakat(elda)
 
Top