Payakumbuh.Lintas Media.
Dalam masa reses  persidangan pertama Tahun 2022/2023,Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Pempro-Sumbar) Irsyad Safar dari Fraksi PKS.menjemput aspirasi masyarakat ke Daerah Pemilihan(Dapil) nya  Sumbar V yang meliputi Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh.

Dalam pertemuannya dengan masyarakat di Aula Galeri 51, Kelurahan Napa Payakumbuh Utara,Irsyad Safar mengatakan. Salah satu fokus 65 anggota DPRD Sumbar selama reses masa sidang pertama Tahun 2022-2023 yang berlangsung dari 23 hingga 30 Oktober, adalah menampung aspirasi masyarakat dari berbagai aspek untuk diperjuangkan ditingkat provinsi kalau itu kewenangannya ada di provinsi.

"Reses merupakan wadah yang disediakan bagi setiap Anggota DPRD untuk menampung dan menghimpun aspirasi dari masyarakat daerah pemilihannya atau dapil masing-masing anggota yang  dilaksanakan pada setiap masa persidangan",jelas Irsyad Safar.

Sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, Anggota DPRD berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah dan juga sebagai wakil masyarakat di Lembaga DPRD. Sebut Irsyad.

Sebagai wakil dari masyarakat, maka salah satu kewajiban setiap Anggota DPRD adalah menampung dan memperjuangkan aspirasi masyarakat yang diwakilinya.

Pada pertemuan yang dihadiri beberapa walinagari,anggota Keltan, bentor, budidaya lebah galo-galo,
pelatihan ekonomi mandiri dan lain sebagainya minta sarana pertanian yang dapat memaksimalkan hasil dan distribusi panen.


Begitu juga dari ibu-ibu penerima pokir pelatihan usaha mandiri berharap, ketrampilan yg telah mereka dapatkan agar terus mendapat peningkatan skillnya untuk mendapatkan sumber modal usaha serta bentuk fasilitas pemasaran produk yg juga perlu dukungan pemda dan stakeholder.

Dari keltan yg mendapat lebah galo-gasesumbar berharap, pembinaan kontinyu kepada keltan bisa menciptakan nagarinya sebagai nagari budidaya galo-galo sehingga dapat menjadi konsen sumber kesejahteraan disamping bertani,karena budidaya lebah galo-galo pekerjaannya tidak berat dan tidak menyita waktu, hanya perlu penempatan yang tepat dan sumber-sumber pakan bunga-an disekitarnya, selanjutnya lebah galo-galo dibiarkan hidup secara alami.

Dari sekian banyak permintaan dan permohonan masyarakat dapilnya,menurut Irsyad Safar,yang pertama dan utama yang akan diprioritaskan adalah masalah ekonomi,pendidikan dan infrastruktur karena, ketiganya itu saling berkaitan untuk mengentaskan kemiskinan.


Pada intinya,masyarakat sangat berharap kepada anggota Dewan yang mewakili daerah mereka untuk dapat memperjuangkan aspirasi mereka ditingkat provinsi.Jelas Irsyad Safar.

Menyikapi aspirasi yang telah disampaikan masyarakat dapilnya,Irsyad Safat berharap bisa menjadi pertimbangan oleh pemerintah provinsi dalam mengambil kebijakan untuk pembangunan daerah,dan kegiatan-kegiatan yang menjadi prioritas agar segerah direalisasikan.

Pemerintah provinsi diharapkan dapat berkoordinasi dengan pemerintah Kab/kota dalam melaksanakan pembangunan sehingga pembangunan yang dilaksanakan dapat berjalan secara optimal dan berkesenambungan sesuai dengan yang diharapkan tanpa menyisakan permasalahan.(St)

 
Top