Padang.Lintas Media News.
Keluarga Besar PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Sumbar, Pengurus IKWI (Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia) Sumbar dan Keluarga Besar Bidang Humas Polda Sumbar mengunjungi rumah Djamaluddin Adinegoro di Talawi Kota Sawahlunto. Kunjungan tersebut merupakan Anjangsana Pers dalam rangka Hari Pers Nasional tahun 2022.

Assisten 1 Setdako Sawahlunto Irzam saat menerima kedatangan Rombongan Anjangsana Pers mengatakan, kedatangan Rombongan Pers memunculkan setitik harapan, kiranya Presiden Jokowi dapat merealisasikan janjinya untuk membangun museum Adinegoro, ketika berkunjung tahun 2018 silam kerumah kediaman Adinegoro ini.

“Saya juga berharap supaya Tokoh Pers Djamaluddin Adinegoro dapat segera menjadi Pahlawan Nasional.  Perjuangan PWI Sawahlunto dan PWI Sumbar untuk menjadikan Adinegoro Pahlawan Nasional menjadi harapan bagi kita semua,” harap Irzam.

Kombes Pol Satake Bayu Setyanto Kabid Humas Polda Sumbar dalam sambutannya mengatakan, kemitraan antara Polisi dengan PWI sangatlah penting karena masyarakat mengetahui kerja polisi dari karya jurnalistik wartawan. Kemitraan Polri tidak hanya sebatas dengan PWI tapi wartawan secara keseluruhan. 

“Tahun depan HPN hendaknya dilaksanakan di Sumatera Barat sehingga keberadaan tokoh pers nasional Djamaluddin Adinegoro dapat menjadi prioritas untuk diperjuangkan menjadi Pahlawan Nasional,” ujar Satake Bayu saat bersama Rombongan Anjangsana Pers, Sabtu (19/2), di Kediaman Keluarga Djamaluddin Adinegoro Talawi Kota Sawahlunto.

Heranof Firdaus Ketua PWI Sumatera Barat mengatakan, kita sudah melakukan pencarian data karir jurnalistik Djamaludin Adinegoro sebagai kelengkapan syarat untuk menjadikan Tokoh Pers Nasional asal Talawi ini menjadi Pahlawan Nasional. “PWI Sumatera Barat akan terus berupaya memperjuangkan Adinegoro menjadi Pahlawan Nasional. Saya berharap PWI Sawahlunto dapat terus mengawal Adinegoro menjadi pahlawan Nasional,” ujar Heranof.

Ketua PWI Sawahlunto Indra Yosef mengatakan, PWI Sawahlunto sudah jauh-jauh hari menggaungkan Tokoh Pers Nasional Adinegoro dapat menjadi Pahlawan Nasional. “Kita akan terus mengawal dan berupaya sehingga Djamaludin Adinegoro dapat menjadi Pahlawan Nasional. Salah satu Tokoh Nasional Mr. M. Yamin adalah saudara satu bapak dari Djamaludin Adinegoro sudah terlebih dahulu menjadi Pahlawan Nasional, semoga tidak lama lagi usaha kita dapat membuahkan hasil,” kata Indra Yosef. (Nova).
 
Top