Kota Pariaman.Lintas Media News 
Walikota Pariaman,Genius Umar berdialog lansung dengan Pejabat Utama (Principal Officer) Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat (USA) untuk Sumatera, Gordon S. Church didampingi Sekretariat Konjen Amerika Serikat, bertempat di Hotel Santika Premiere Padang, Rabu (9/2/2022). 

Pertemuan Genius Umar tersebut, berlansung saat kunjungan Konjen Amerika Serikat ini dalam rangka silaturahmi antara Pemerintah Amerika Serikat dengan Pemerintah Kota Pariaman serta membahas soal pariwisata, budaya dan ekonomi.

" Kedatangan teman saya Gordon S. Church ke Sumatera Barat, ini merupakan suatu kebanggaan bagi saya karena diundang khusus untuk pertemuan private ini ," aku Genius Umar kepada tim MCP Kota Pariaman.

Genius umar yang juga se Alumni dengan Konjen Amerika  Gordon S. Church   di International Visitor Leadership Program (IVLP). 

Sebagai alumni IVLP kita terus menjalin komunikasi dengan pihak Kedutaan Besar Amerika dan melakukan leadership beberapa sesi termasuk ulang tahun Amerika pun kita sering diundang ke Kedutaan Amerika.

Pada pertemuan alot dan terkesan akrab itu, Wako bercerita tentang bagaimana pola Pemko Pariaman bergotong royong dengan keterbatasan anggaran namun bisa membangun jalan (non budgeter) dan ini sangat di apresiasi oleh beliau. Ini adalah bagian dari strategi seni manajemen pemerintahan bagaimana kita bisa menggerakan orang untuk melakukan pembangunan.

"Saya menceritakan pembangunan Water Front City di Kota Pariaman dan bagaimana kita membangun masyarakat untuk cinta dengan lingkungannya ," ulas Genius.

Gordon S. Chuch juga menanyakan tentang beberapa penghargaan yang diterima oleh walikota pariaman seperti penghargaan dibidang pendidikan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI dan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri tentang Inovatif Government yang diterima oleh Genius Umar diakhir Tahun 2021 lalu.

"Kita juga ditawarkan beberapa program salah satunya pertukaran kebudayaan antara kedua negara ," ulasnya.

"Saya sangat bahagia bertemu dengan beliau, karena sharing pengalaman itu sangat penting sehingga dapat menambah wawasan kita untuk kedepannya ," imbuhnya.

Sementara itu, Pejabat Utama Konjen Amerika Serikat untuk Sumatera, Gordon S. Church menyampaikan, ini adalah kunjungan pertamanya ke Sumatera Barat dan merasa senang mendapat kesempatan berbincang dengan Walikota Pariaman, Genius Umar.

Gordon menjelaskan bahwa, ia berkantor di Medan tapi wilayah cakupan kerjanya untuk seluruh wilayah Sumatera.

"Sudah menjadi tanggungjawab kami untuk membangun hubungan antara Amerika Serikat dengan pemerintah daerah dan masyarakat yang ada di Sumatera. Kita mendiskusikan beberapa area dimana kita bisa mengembangkan kerjasama salah satunya di bidang pariwisata, semoga ini bisa dikembangkan dimasa depan ," harap Konjen Amerika ini.

Ia berharap dengan pertemuan ini bisa diidentifikasi beberapa area kerjasama dibidang kebudayaan dan ekonomi.

"Dengan senang hati untuk mengunjungi Kota Pariaman yang dinamis dan sangat indah. Saya tunggu undangan dari walikota pariaman secepatnya, saya tidak sabar ingin bersepeda sambil menikmati keindahan pantai di Kota Pariaman ," ujar Gordon .S.

Pada pertemuan tersebut Wali Kota juga didampingi oleh Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono dan Kadis Kominfo Kota Pariaman, Fery Ferdian.(ND).
 
Top